skip to Main Content
VAR Di Laga Spurs Vs Chelsea Tuai Kontroversi, Bekas Wasit Liga  Inggris Angkat Bicara

VAR di Laga Spurs vs Chelsea Tuai Kontroversi, Bekas Wasit Liga Inggris Angkat Bicara

LONDON – Final piala liga Inggris yang mempertemukan Tottenham Spurs VS Chelsea menuai kontroversi. Di laga tersebut Chelsea harus tunduk dari Hary Kane dkk dengan skor 1-0.

Pertandingan yang di langsungkan di wembley stadium tersebut cukup sengit. Kedua tim saling jual serangan di menit awal, hingga pada menit ke-24 sang pengadil lapangan, Michael Oliver membuat keputusan yang kontroversi.

Wasit Michael Oliver memberikan hadiah pinalti kepada Harry Kane karena telah di jatuhkan oleh kiper termahal di dunia, Kepa Arrizabalaga. Kane pun sukses mengeksekusi hadiah pinalti tersebut skor 1-0 tidak berubah hingga turun minum babak pertama.

Setelah pertandingan berakhir, Maurizio Sarri yang penasaran kemudian menyaksikan sendiri tayangan ulang tersebut dan berpendapat jika Harry Kane sudah terperangkap offside sebelum di jatuhkan oleh Kepa.

Mark Clattenbur yang bekas wasit Liga Inggris, memberikan komentar terkait Var tersebut. Ia Menilai jika Michael Oliver selaku pengadil lapangan di pertandingan tersebut telah membuat sebuah kesalahan fatal.

“Saya tahu pada akhirnya VAR membuat keputusan tepat dengan memberikan penalti pada Tottenham dan menggagalkan offside sebelumnya, tapi wasit melakukan kesalahan. Asisten wasit di laga itu mengangkat bendera pada keputusan offside yang begitu tipis,” jelas Clattenburg, seperti dikutip dari Soccerway, Rabu (9/1/2019).

“Kenapa Inggris tak mengikuti cara FIFA menerapkan VAR di Piala Dunia? Rekomendasi FIFA adalah tetap menurunkan bendera. Jika terjadi gol maka keputusan offside bisa dicek kembali melalui VAR,” tuntas wasit berusia 43 tahun tersebut.

Leave a Reply

Back To Top