skip to Main Content
Usai Gugurnya Spanyol Ditangan Rusia, Iniesta Mengumumkan Pensiun Dari Timnas

Usai Gugurnya Spanyol Ditangan Rusia, Iniesta Mengumumkan Pensiun Dari Timnas

Gelandang Spanyol Andres Iniesta mengumumkan pensiun dari sepakbola internasional usai Spanyol dikalahkan Rusia pada babak 16 besar Piala Dunia 2018 lewat drama adu penalti.

Perjalanan Spanyol di Piala Dunia 2018 ini harus terhenti di babak 16 besar saja. La Furia Roja mengikuti jejak tim unggulan lainnya seperti Jerman, Argentina dan Portugal yang juga tersingkir dari ajang sepakbola terbesar empat tahunan ini.

Pada pertandingan melawan Rusia tersebut Inista tidak menjadi starter dan hanya duduk di bangu cadangan. Ia kemudian dimasukkan oleh pelatih Spanyol Fernando Hierro di babak kedua, tetapi Iniesta tidak mampu membawa Spanyol memenangkan pertandingan itu meski ia sukses mencetak gol saat adu penalti.

“Ini adalah penampilan terakhir saya untuk Timnas Spanyol, Perjalanan yang menyenangkan akhirnya usai. Kadang akhir dari perjalanan tidak seperti yang kita impikan.” Ungkap Iniesta kepada reporter.

Pemecatan Julen Lopetegui sehari sebelum tampil di turnamen tidak diragukan lagi mebuat tim Spanyol menjadi tidak stabil, tetapi Iniesta bersikeras bahwa itu bukan alasan bagi pemain untuk tidak mengalahkan Rusia.

“Ini akan menjadi keuntungan untuk mengatakan bahwa hal Lopetegui ada hubungannya dengan hasil, pada akhirnya mereka yang bermain bola adalah pemain. Pelaku utama dalam sepakbola adalah pemain yang ada di lapangan,” tukas Iniesta.

Iniesta pensiun pada umur 34 tahun dengan mencatatkan 131 penampilan untuk timnas Spanyol. Saat membela Spanyol, ia mencetak 13 gol dan 27 assist. Iniesta  telah merasakan mengangkat trofi Piala dunia pada tahun 2010, serta dua kali merasakan menjadi juara piala Eropa.

Kita akan selalu mengingat sosok Iniesta sebagai salah satu gelandang terbaik yang pernah dimiliki timnas Spanyol, bersama dengan Xavi, yang mampu mengantarkan Spanyol menjadi yang terbaik di era mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top