skip to Main Content
Uruguay 2-1 Portugal, Cavani Singkirkan Ronaldo Cs Dari Piala Dunia 2018

Uruguay 2-1 Portugal, Cavani Singkirkan Ronaldo Cs Dari Piala Dunia 2018

Timnas Uruguay berhasil lolos ke babak 8 Besar setelah mengalahkan Portugal dengan skor 2-1 pada laga 16 besar Piala Dunia 2018, di Olimpiyskiy Stadion Fisht, Sabtu (30/6/2018). Cavani tampil sebagai bintang di pertandingan ini dengan mencetak 2 gol.

Uruguay unggul cukup cepat yaitu pada menit ke-7 melalui gol sundulan Cavani. Portugal kemudian berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-55 lewat sundulan Pepe. Uruguay kembali unggul pada menit ke-62 lewat tendangan melengkung yang cantik dari Cavani.

Jalannya pertandingan

Sejak menit awal pertandingan Uruguay langsung tampil menekan dan menyerang dengan tempo yang cepat, tampaknya mereka tidak ingin memberikan kendali permainan kepada Portugal sejak awal.

Tetapi Portugal juga masih bisa meladeni permainan Uruguay dengan serangan balik yang cepat dan cukup membahayakan. Pada menit ke-6, Portugal mendapatkan peluang setelah Cristiano Ronaldo melepaskan sepakan keras dari luar kotak penalti. Meski terlihat sangat keras, namun bola hasil tembakan Ronaldo dapat dengan mudah diamankan kiper Uruguay, Fernando Muslera.

Hanya berselang satu menit sejak peluang yang didapatkan Portugal, Uruguay mampu mencetak gol pertama pada pertandingan ini. adalah Edinson Cavani yang berhasil mencetak gol memanfaatkan umpan lambung dari sayap kiri yang dilepaskan oleh Suarez, ia pun berhasil lolos dari jebakan offside dan menyundul bola ke dalam gawang Portugal. Uruguay unggul 1-0.

Portugal yang tersentak dengan gol Uruguay langsung meningkatkan intensitas serangannya. Dari sebuah sepak pojok, Portugal mengancam gawang Uruguay, umpan lambung yang mengarah ke tiang jauh berhasil disundul oleh Jose Fonte. Sayangnya bola sundulannya masih melebar dan belum menjadi gol.

Uruguay gantian mendapatkan peluang pada menit ke-22 lewat aksi Suarez, Striker klub Barcelona tersebut berhasil mendapatkan bola dan berada pada posisi yang bagus, ia pun melepaskan tendangan mendatar ke arah gawang Portugal, sayangnya Rui Patricio masih cekatan dan berhasil mengamankan bola tersebut.

Pada menit ke-32, Portugal mendapatkan tendangan bebas pada posisi yang sangat bagus. Ronaldo tentu maju sebagai eksekutor tendangan bebas tersebut, ia pun berdiri dengan gaya khasnya dan berkonsentrasi. Ronaldo melepaskan tendangan yang sayangnya masih membentur pagar betis dan bola liar berhasil dibuang bek Uruguay.

Di sisa waktu babak pertama Portugal masih cukup dominan dan menekan Uruguay dari berbagai sisi, akan tetapi pertahanan Uruguay masih solid dan sampai berakhirnya babak pertama skor masih bertahan 1-0 untuk keunggulan Uruguay.

Memasuki babak kedua, Portugal masih terus tampil menekan dan mengerahkan semua upaya untuk bisa mencetak gol dan menyamakan kedudukan. Pergerakan Cristiano Ronaldo, Bernardo Silva, dan Joao Mario kerap merepotkan barisan belakang Uruguay.

Akhirnya pada menit ke-55 Portugal berhasil mencetak gol dan menyamakan kedudukan. Adalah Pepe yang berhasil menyarangkan bola ke gawang Uruguay lewat sundulannya. Gol bermula dari tendangan sudut Portugal yang diumpan pendek ke Raphael Guerreiro lalu diteruskan dengan umpan silang ke depan kotak penalti. Pepe yang berhasil lolos dari kawalan bek Uruguay langsung menyundul bola ke dalam gawang Uruguay. Skor sama kuat 1-1.

Setelah berhasil menyamakan kedudukan, pemain-pemain Portugal tampak semakin bersemangat untuk mencetak gol lagi dan membalikkan kedudukan. Pada menit 60, mereka hampir membalikkan keadaan jika sepakan Goncalo Guedes tidak membentur pemain belakang Uruguay.

Uruguay yang tertekan berhasil memanfaatkan momentum dengan melakukan serangan balik yang cepat, Gelandang Juventus, Rodrigo Bentancur, melepaskan umpan terarah kepada  Cavani yang tidak terkawal di sisi kanan pertahanan Portugal. Cavani yang mendapatkan bola di posisi bagus tidak menyia-nyiakan peluang dan langsung melepaskan sepakan placing yang melengkung  ke arah sudut gawang Portugal. Uruguay kembali unggul 2-1.

Portugal yang tertinggal kembali mendapatkan peluang di menit ke-70. Kiper Uruguay mencoba menangkap bola liar yang posisinya agak dekat dengan garis kotak penalti, tetapi bola berhasil dirubah arahnya oleh pemain Portugal dan mengarah ke Bernardo Silva. Pemain asal klub manchester City itu langsung menendang bola ke arah gawang, sayangnya bola masih melambung tinggi dan belum berhasil merubah skor.

Di sisa pertandingan, Portugal kembali mendominasi serangan, akan tetapi keberadaan Ricardo Quaresma, Andre Silva, Bernardo Silva, dan Joao Mario tidak mampu mendukung Cristiano Ronaldo. Bola mampu masuk ke kotak penalti namun tidak diikuti peluang bersih.

Hingga wasit meniupkan peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, Portugal tidak dapat mencetak gol penyeimbang. Pertandingan pun dimenangkan oleh Uruguay dengan skor 2-1. Uruguay lolos ke perempat final Piala Dunia 2018.

Susunan Pemain

Uruguay (4-1-2-1-2): 1-Fernando Muslera; 22-Martin Caceres, 3-Diego Godin, 2-Jose Gimenez, 17-Diego Laxalt; 14-Lucas Torreira; 8-Nahitan Nandez (5-Carlos Sanchez 81′), 6-Rodrigo Bentancur (7-Cristian Rodriguez 63′), 15-Matias Vecino; 21-Edinson Cavani (11-Cristhian Stuani 74′), 9-Luis Suarez.

Pelatih: Oscar Tabarez (Uruguay)

Portugal (4-4-2): 1-Rui Patrício; 15-Ricardo Pereira, 6-Jose Fonte, 3-Pepe, 5-Raphael Guerreiro; 11-Bernardo Silva, 23-Adrien Silva (20-Ricardo Quaresma 65′), 14-William Carvalho, 10-Joao Mario (4-Manuel Fernandes 85′); 17-Goncalo Guedes (9-Andre Silva 74′), 7-Cristiano Ronaldo.

Pelatih: Fernando Santos (Portugal)

Wasit: Cesar Ramos (Meksiko)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top