skip to Main Content
UEFA Sedang Menyiapkan Kompetisi Antar Klub Eropa Ketiga

UEFA Sedang Menyiapkan Kompetisi Antar Klub Eropa Ketiga

Belum lama ini bersiar kabar bahwa UEFA telah menyiapkan suatu bentuk kompetisi antarklub ketiga setelah Liga Champions dan Liga Europa. Hal ini tampaknya menjadi kenyataan setelah dalam pernyataan resmi yang dirilis pada Selasa (11/9/2018), Ketua Asosiasi Klub Eropa (ECA) Andrea Agnelli mengumumkan bahwa kompetisi yang dimaksud akan digelar mulai musim 2021/22.

Agnelli kemudia menjelaskan bahwa nantinya sistem yang diajukan untuk turnamen baru tersebut akan membuat suatu peningkatan dalam jumlah klub yang bertanding dalam ajang kompetisi level eropa. Saat ini, jumlah total klub Eropa yang berlaga di ajang antarklub adalah 80. Rinciannya, 32 tim bertarung di Liga Champions dan 48 lainnya turut serta di Liga Europa. Kendati begitu, sampai saat ini belum ada respons apa-apa dari pihak UEFA sendiri.

“Meskipun belum ada persetujuan resmi dari Komite Eksekutif UEFA, ‘lampu hijau’ untuk menggelar kompetisi ketiga sudah diberikan dan ini akan membuat jumlah klub peserta menjadi 96 mulai musim 2021/22,” kata Agnelli seperti diumumkan ECA lewat akun Twitter resminya.

Sebelumnya, kompetisi antarklub Eropa memang sempat berjalan sebanyak tiga kompetisi, yakni Liga Champions, Piala UEFA, dan Piala Winners. Namun, setelah itu Piala Winners — yang merupakan ajang tempat bertemunya juara piala domestik — dilebur ke dalam Piala UEFA, sampai akhirnya Piala UEFA sendiri di-rebranding untuk menjadi Liga Europa.

Tak cuma itu, UEFA pun memiliki satu turnamen lain bernama Piala Intertoto. Turnamen ini merupakan jalan belakang bagi klub-klub yang berniat untuk ikut serta di Piala UEFA tetapi gagal lolos via jalur domestik. Piala Intertoto sendiri akhirnya dilebur ke dalam Liga Europa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top