skip to Main Content
Timnas Inggris Mengalahkan Kolombia Lewat Drama Adu Penalti

Timnas Inggris Mengalahkan Kolombia Lewat Drama Adu Penalti

Timnas Inggris melaju ke babak perempat final usai menang atas Kolombia lewat adu penalti pada laga babak 16 besar Piala Dunia 2018 , di Otkrytiye Arena, Selasa (3/7/2018). Pertandingan harus ditentukan lewat adu penalty setelah skor imbang 1-1 di 90 menit waktu normal dan dua babak tambahan.

Gol pertama dicetak Inggris pada menit ke-57 lewat gol penalty Harry Kane. Kolombia kemudia berhasil menyamakan kedudukan pada injury time melalui gol sundulan Yerry Mina. Hasil imbang membuat pertandingan harus berlanjut ke babak tambahan.

Setelah hasil yang bertahan 1-1 pada babak tambahan, pertandingan berlanjut ke babak adu penalti. Inggris pun berhasil memenangkan pertandingan ini dengan raihan skor 4-3 pada babak adu penalti ini. Inggris pun melaju ke babak perempatfinal dan nantinya akan melawan Swedia yang pada pertandingan sebelumnya berhasil menyingkirkan Swiss.

Jalannya Pertandingan

Pada menit-menit awal pertandingan, Inggris lebih mendominasi dengan penguasaan bola yang bagus dan operan-operan yang akurat. Pertandingan berjalan enam menit dan Inggris mendapatkan peluang yang mengancam gawang Kolombia, Ashley Young yang mengeksekusi tendangan bebas melepaskan tendangan yang melengkung dengan arah cukup bagus, tetapi Kiper Kolombia David Ospina masih berhasil menghalau bola tersebut.

Ingin lepas dari tekanan, Kolombia meningkatkan tempo permainan dan tampil lebih menyerang. Hasilnya pertandingan berjalan dengan lebih berimbang dan kedua tim saling serang lewat skemanya masing-masing.

Inggris kembali mendapatkan peluang pada menit ke-16. Pergerakan Trippier di sayap kanan disusul dengan umpan silang yang bagus berhasil mencapai Harry Kane, Striker jangkung itu langsung menyundul bola yang sayangnya masih melambung di atas mistar gawang Kolombia.

Pertandingan berlanjut sampai menit ke-30 dengan pola yang sama dan kedua tim masih belum bisa menciptakan peluang yang benar-benar berbahaya. Inggris tampak sedikit lebih mendominasi, tetapi belum bisa mencetak gol juga.

Menjelang berakhirnya waktu babak pertama, Kolombia berhasil mendapatkan peluang dengan shoot on goal pertamanya pada pertandingan ini lewat tendangan Quintero, yang sayangnya masih tepat mengarah ke Jordan Pickford. Skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, pertandingan berlangsung semakin sengit dan menjurus ke permainan keras. Inggris akhirnya berhasil memecah kebuntuan dan mencetak gol pertama pada pertandingan ini pada menit ke-57. Carlos Sanchez dinilai wasit melakukan pelanggaran terhadap Kane di dalam kotak penalti, wasit Mark Gaiger menunjuk titik putih dan menghadiahkan penalty kepada Inggris.

Harry Kane yang maju sebagai eksekutor penalty tersebut tidak menyia-nyiakan peluang tersebut dan sukse mengkonversikannya menjadi gol. Inggris pun unggul 1-0.

Pertandingan berjalan panas selepas keunggulan Inggris. Dua kartu kuning beruntun dikeluarkan wasit untuk Radamel Falcao dan Carlos Bacca pada menit ke-63 dan ke-64.

Kolombia mencoba untuk mengembangkan permainan untuk mencari gol penyeimbang. Tapi, segala upaya mereka belum membuahkan hasil karena rapatnya pertahanan yang digalang pemain Inggris.

Psda menit ke-81 Kolombia mendapatkan peluang. Kyle Walker yang melakukan kesalahan membuat bola berhasil dikuasai Bacca di posisi yang menguntungkan. Bacca kemudian melepaskan umpan terarah ke Cuadrado, yang langsung melepaskan tembakan kearah gawang. Sayangnya bola tembakannya masih melenceng dan belum berhasil menghasilkan apa-apa untuk Kolombia.

Determinasi dan usaha pantang menyerah dari pemain Kolombia untuk mencetak gol akhirnya berbuah manis pada mas injury time. Berawal dari tendangan sudut, Cuadrado melepaskan umpan ke dalam kotak penalti, Yerry Minna yang berhasil lepas dari kawalan bek Inggris berhasil menyundul bola memantul kearah tanah dan meluncur kearah gawang Inggris, Bek Inggris yang berasa di garis gawang berusaha menghalau bola, tetapi gagal dan bola masuk kedalam gawang. Skorpun berubah imbang 1-1 dan pertandingan harus berlanjut ke babak tambahan.

Di babak tambahan dua kali lima belas menit, baik Kolombia dan Inggris tidak berhasil menambah pundi golnya. Meskipun Kolombia dan Inggris saling balas menyerang, tak ada gol juga yang tercipta hingga babak extra time kedua berakhir. Laga Kolombia kontra Inggris akhirnya harus menentukan pemenang lewat drama adu penalti.

Kolombia yang mendapatkan giliran untuk menendang lebih dulu langsung mengutus Falcao sebagai eksekutor pertama, striker andalan Kolombia itupun sukses mencetak gol penalti tersebut. Inggris tidak mau kalah di kesempatan pertama dan mengirimkan Kane sebagai eksekutor, kane pun sukses menyamakan skor menjadi 1-1.

Cuadrado menjadi penendang kedua untuk Kolombia, pemain klub Juventus tersebut sukses dengan penaltinya. Rashford yang maju sebagai penendang kedua Inggris juga berhasil menyamakan skor menjadi 2-2.

Muriel membawa Kolombia unggul 3-2 setelah tembakannya mengecoh Pickford. Inggris mengutus Henderson sebagai eksekutor ketiga, namun gagal dan skor tetap 3-2 untuk Kolombia.

Uribe yang menjadi penendang keempat untuk Kolombia pun maju untuk menendang penalti, sayangnya arah bola terlalu tinggi dan bola membentur mistar gawang. Trippier yang maju sebagi penendang keempat Inggris sukses menyamakan skor menjadi 3-3.

Kolombia mengutus Bacca sebagai penendang kelima, sayangnya bola tendangannya masih bisa ditepis Pickford dan skor tetap 3-3. Akhirnya Dier maju sebagai penendang kelima Inggris, ia pun berhasil menyelesaikan penalty tersebut dengan baik dan mengakhiri babak adu pinalti dengan skor 4-3 untuk keunggulan Inggris.

Di babak perempat final, Inggris akan berhadapan dengan Swedia yang sebelumnya berhasil menyingkirkan Swiss. Duel Inggris akan digelar di Cosmos Arena, Samara, Sabtu 7 Juli 2018 WIB.

Susunan Pemain

Kolombia (4-3-3): 1 David Ospina; 23 Davinson Sanchez, 13 Yerry Mina, 17 Johan Mojica, 4 Santiago Arias (2-Cristian Zapata 114′); 6 Carlos S├ínchez (15-Mateus Uribe 71′), 16 Jefferson Lerma (7-Carlos Bacca 61′), 5 Wilmar Barrios; 9 Radamel Falcao, 20 Juan Quintero (14-Luis Muriel 88′), 11 Juan Cuadrado

Pelatih: Jose Pekerman

Inggris (3-1-4-2): 1 Jordan Pickford; 5 John Stones, 6 Harry Maguire, 2 Kyle Walker (19-Marcus Rashford 113′); 8 Jordan Henderson, 20 Dele Alli (4-Eric Dier 81′), 7 Jesse Lingard, 18 Ashley Young (3-Danny Rose 102′), 12 Kieran Trippier; 9 Harry Kane, 10 Raheem Sterling (11-Jamie Vardy 88′)

Pelatih: Gareth Southgate

Wasit: Mark Geiger

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top