skip to Main Content
Timi Sowobale, Pemain Muda Masa Depan Manchester City

Timi Sowobale, Pemain Muda Masa Depan Manchester City

Manchester City tampaknya tidak hanya merekrut pemain yang sudah matang, baru-baru ini juara bertahan Liga Inggris itu merekrut Timi Sowobale, pemain muda potensial berumur 16 tahun yang akan bermain untuk tim Manchester City u18s untuk musim 2018/2019.

Sowobale lahir di Dundalk dan tumbuh berkembang di Dublin, sebelum akhirnya pindah ke Waterford. Ia memiliki seorang saudara lelaki yang bernama Oluwatunmise yang berposisi sebagai penyerang dan bermain untuk Finn Harps di Liga Airtricity divisi satu.

Sowobale sempat tampil untuk Spurs under 16s pada sebuah turnamen di Belanda pada tahun 2016, yang mana berhasil dimenangkan oleh tim asal kota London itu, akan tetapi ternyata Sowobale lebih memilih untuk bergabung dengan Manchester City.

Sowobale dibawa ke Manchester City oleh mantan pemain timnas Irlandia, Stephen Hunt, yang mengatakan bahwa pemain berumur 16 tahun tersebut memiliki potensi yang besar dan saat ini berkembang sangat baik di klubnya.

Sowobale merupakan seorang pemain dengan posisi bek tengah, ia memiliki ketenangan yang cukup baik yang membuatnya merasa percaya diri dalam mengontrol dan menggiring bola bahkan dari posisi belakang atau pertahanan tim sendiri, ini mengingatkan kita pada posisi Libero yang memiliki tipikal permainan seperti itu.

Dalam sebuah wawancara dengan website resmi Manchester City, Sowobale mengucapkan bahwa pemain idola atau role modelnya di Manchester City adalah sang kapten Vincent Kompany. Ia juga mengatakan bahwa ia akan fokus dan berusaha untuk mengembangkan dirinya sebaik mungkin di tahun-tahun awalnya di Etihad.

Sowobale juga merupakan bagian dari timnas u15 dan u16 Irlandia dan di scout oleh Manchester City ketika ia bermain untuk timnas Irlandia u15s melawan belanda pada sebuah ujicoba internasional februari 2017 setahun yang lalu.

“Saya baru saja memulai perjalanan saya disini, jadi ini adalah musim pertama saya,” ucap Sowobale dalam wawancara tersebut.

“Semua orang yang ada di klub telah membantu saya untuk merasa nyaman dan diterima di klub ini. semuanya adalah orang yang baik dan saya sangat senang akan hal itu.”

Menarik untuk mencermati beberapa pemain-pemain muda yang berada di beberapa klub di eropa yang tentunya merupakan pogram jangka panjang mereka, seperti Ryan Nolan di Inter Milan, Coamhin di Liverpool, dan Tyreke Evens di Manchester City. Pemain-pemain tersebut layak untuk dicermati dan ditunggu perkembangannya, akankah salah satu dari mereka akan menjadi pemain kelas dunia? hanya waktu yang bisa menjawabnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top