skip to Main Content
Seri Melawan Belanda, Italia Gagal Raih Kemenangan

Seri Melawan Belanda, Italia Gagal Raih Kemenangan

TURIN – Italia ditahan imbang Belanda di Allianz Stadium, Selasa (5/6/2018) dini hari WIB, dalam rangka laga persahabatan Internasional. Kemenangan yang sudah didepan mata harus melayang akibat gol yang berhasil dicetak pemain Belanda di akhir pertandingan.

Partai persahabatan kali ini bisa dikatakan formalitas untuk menguji performa kedua tim saja, karena keduanya baik Italia maupun Belanda sama-sama tidak lolos ke Piala Dunia 2018.

Italia mengambil inisiatif untuk menyerang dengan tempo yang cepat sejak awal pertandingan. Alhasil pada menit ke-3 Italia mencetak gol melalui Andrea Belotti yang memanfaatkan tendangan bebas dari tengah lapangan. Akan tetapi, gol itu dianulir karena wasit menganggap telah terjadi pelanggaran sebelumnya.

Dianulirnya gol tersebut memacu Italia untuk terus mengurung pertahanan Belanda sepanjang babak pertama. Gli Azzurri baru mendapat peluang kembali pada menit ke-32 ketika Andrea Belotti berhasil melepaskan tendangan ke arah gawang Belanda. Namun, Jasper Cillessen masih bisa mengamankan bola.

Pada menit ke-42, Simone Verdi mendapatkan peluang emas di mana dirinya hanya tinggal berhadapan dengan penjaga gawang Belanda, namun peluang itu juga gagal berbuah gol. Hingga babak pertama berakhir tidak ada satu gol pun yang tercipta.

Memasuki babak kedua, Belanda membalas serangan Italia. Tim Oranye mendapat peluang pada menit ke-60 melalui Tonny Vilhena, namun tendangannya masih melambung di atas gawang Italia. Memphis Depay juga mengancam gawang Italia pada menit ke-65, tetapi Mattia Perin mampu mematahkan peluang tersebut.

Belanda justru harus menerima kenyataan kebobolan gol terlebih dahulu saat usaha Simone Zaza menemui sasaran pada menit ke-67. Gol tersebut tercipta berawal dari umpan silang mendatar Federico Chiesa dari sisi kanan. Bola sempat berhasil disapu oleh Virgil van Dijk , namun bola mengenai Zaza dan masuk ke gawang Jasper Cillessen.

Petaka terjadi hanya 2 menit setelah Italia mencetak gol. pada menit ke-69 Italia kehilangan Domenico Criscito yang diusir wasit keluar lapangan akibat melanggar Ryan Babel tepat di depan kotak penalti.

Unggul jumlah pemain, Belanda mencoba menekan pertahanan Italia. Namun usaha Depay pada menit ke-73 kembali digagalkan Perin. Akhirnya pada menit 88, gol bagi Belanda itu pun datang melalui pemain pengganti Nathan Ake yang baru masuk pada babak kedua.

Nathan Ake, yang naik membantu serangan dalam skema open-play, berhasil menjebol gawang Mattia Perin dengan sundulan usai menyambut umpan silang Steven Berghuis dari sisi kanan.

Sampai wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, tidak ada lagi gol yang tercipta. Belanda berhasil menghindari kekalahan atas Italia yang sempat bermain dengan 10 pemain.

Susunan Pemain

Italia (4-3-3): 12-Mattia Perin; 21-Davide Zappacosta (2-Mattia De Sciglio 59′), 15-Daniele Rugani, 6-Alessio Romagnoli, 4-Domenico Criscito; 23-Bryan Cristante, 14-Jorginho (26-Daniele Baselli 78′), 8-Giacomo Bonaventura (16-Lorenzo Pellegrini 87′); 20-Simone Verdi (25-Federico Chiesa 61′), 11-Andrea Belotti (7-Simone Zaza 63′), 10-Lorenzo Insigne (19-Leonardo Bonucci 70′)

Pelatih: Roberto Mancini

Belanda (5-3-2): 1-Jasper Cillessen; 2-Hans Hateboer (12-Daryl Janmaat 46′), 3-Matthijs de Ligt (15-Nathan Ake 71′), 4-Virgil van Dijk, 5-Daley Blind (19-Wout Weghorst 78′), 11-Tonny Vilhena; 7-Ruud Vormer (17-Steven Berghuis 70′), 6-Marten De Roon (18-Quincy Promes 78′), 8-Georginio Wijnaldum; 9-Ryan Babel (22-Eljero Elia 82′), 10-Memphis Depay

Pelatih: Ronald Koeman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top