skip to Main Content
Rusia 3-1 Mesir, Salah Tak Mampu Redam Rusia

Rusia 3-1 Mesir, Salah Tak Mampu Redam Rusia

Timnas Rusia kembali berhasil meraih 3 poin kala berhadapan dengan Mesir pada laga penyisihan Grup A Piala Dunia 2018 di Stadion Saint Petersburg, Selasa (19/6/2018) atau Rabu dini hari WIB. Hasil ini membuat Rusia memuncaki grup A sementara dengan 6 poin.

Gol pertama Rusia didapatkan melalui gol bunuh diri Ahmed Fathi pada menit ke-47, gol Denis Cheryshev pada menit ke-59 dan gol Artem Dzyuba pada menit ke-62. Sedangkan gol Mesir dicetak lewat pinalti yang diselesaikan oleh Mohamed Salah pada menit ke-73.

Jalannya pertandingan

Pada awal pertandingan, Rusia langsung menerapkan tempo yang cepat dan menekan pertahanan Mesir. Di menit-menit awal Sergei Ignasevich mengancam dengan sundulan menyambut tendangan sudut ke gawang Mesir, namun bola masih mengarah tepat ke kiper Mesir Mohamed El Shenawy.

Mesir mencoba untuk membalas serangan dari Rusia, menit ke-15 mereka mendapatkan kesempatan melalui sepak pojok. Akan tetapi para pemain bertahan Rusia berada di posisi yang tepat untuk menghalau bola.

Pertandingan pun berjalan dengan cukup imbang di pertangahan babak pertama ini dengan kedua tim saling menciptakan peluang, tetapi masih belum bisa menciptakan gol pembuka di pertandingan kali ini. Salah mendapatkan peluang di penghujung babak pertama, tapi ia masih belum bisa merubah peluang tersebut menjadi gol. Babak pertama berakhir dengan skor kacamata 0-0.

Pertandingan babak kedua dimulai dan disinilah petaka dimulai untuk Mesir, pada menit ke-46 Aleksandr Golovin melepaskan tendangan dari luar kotak penalty, Ahmed Fathi mencoba menghalau bola, tetapi sayangnya bola malah meluncur ke dalam gawang Mesir dan menjadi gol bunuh diri. Rusia memimpin 1-0.

Tersentak dengan gol yang dicetak Rusia, Mesir mencoba meningkatkan intensitas serangannya, pada menit ke-55 Marwan Mohsen berhasil mengirimkan umpan kepada Salah yang berdiri bebas dalam kotak penalty, salah melepaskan shoot tapi masih berhasil diblok oleh bek Rusia dan hanya menghasilkan tendangan sudut.

Pada menit ke-58 Rusia berhasil mencetak gol kedua. Adalah Denis Cheryshev yang berhasil memperbesar keunggulan Rusia. Gol berawal dari pergerakan Mario Fernandes di sisi kiri pertahanan mesir yang berhasil melepaskan umpan ke tengah kotak pemalti, Cheryshev berhasil mendapatkan bola dan menendangnya ke dalam gawang mesir dan sukses merubah skor menjadi 2-0.

Hanya berselang dua menit sejak gol kedua, Rusia kembali memperbesar keunggulannya. Pada menit 61 , Artem Dzyuba berhasil mendapatkan bola di depan kotak penalti mesir, ia mengontrol bola dengan dadanya, lalu mengecoh satu pemain belakang mesir dan melepaskan tendangan yang tidak dapat dihalau Mohamed El Shenawi. skor 3-0 untuk keunggulan rusia, 2 gol dicetak dalam 3 menit.

Setelah unggul 3 gol rusia terlihat sedikit menurunkan tempo permainan dan lebih banyak melakukan penguasaan bola dengan operan-operan di tengah lapangan. Mesir mendapatkan peluang pada menit ke-66, salah mengirimkan umpan mendatar ke Trezeguet yang langsung melepaskan tendangan yang di arahkan ke sisi kiri gawang Rusia, tetapi sayangnya bola masih sedikit melebar di kiri tiang gawang Rusia.

Mesir berhasil memperkecil ketinggalannya pada menit 71 lewat penalti. Penalti diberikan karena Salah yang diganjal oleh Golovin di dekat kotak penalty, wasit pun pada awalnya menyatakan bahwa pelanggaran terjadi di luar kotak penalti dan akan memberikan tendangan bebas. Tetapi setelah melakukan pengecekan dengan sistem VAR, maka wasit akhirnya memberikan penalti kepada mesir. Salah pun maju sebagai algojo dan sukses mengkonversi penalti tersebut menjadi gol. Skor sementara Rusia 3-1 Mesir

Setelah berhasil mencetak gol, semangat pemain-pemain mesir sepertinya meningkat dan mereka lebih berani tampil menyerang, penguasaan bola dengan operan dan tusukan-tusukan juga jadi lebih bagus dan mengancam.  Tercatat beberapa kali Mesir berhasil melepaskan umpan dari sisi sayap lapangan ke arah kotak penalti Rusia, tetapi masih belum menghasilkan gol juga.

Memasuki menit ke-80 Rusia mulai bisa mengimbangi tekanan dari Mesir. Pertandingan pun berjalan ketat dan serangan silih-berganti dari Rusia dan Mesir.Pada penghujung babak kedua Mesir mendapatkan peluang ketika Trezeguet mendapatkan bola di luar kotak penalti dan melepaskan tendangan spekulasi jarak jauh yang sayangnya masih melebar di sisi kiri dari gawang Rusia.

Akhirnya pertandingan berakhir dengan skor 3-1 untuk kemenangan Rusia. Berkat kemenangan ini, Rusia memiliki peluang yang sangat besar untuk dapat lolos ke putaran selanjutnya. Sementara Mesir masih berharap ada keajaiban dan menunggu hasil dari pertandingan lain di grup A yang akan dilangsungkan nanti malam.

Susunan Pemain

Rusia: Akinfeev, Fernandes, Kutepov, Ignashevich, Zhirkov (Kudryashov 86′), Gazinskiy, Zobnin, Samedov, Golovin, Cheryshev (Kuzyaev 74′), Dzyuba (Smolov 79′)

Mesir: El Shenawy, Abdelshafy, Hegazy, Gabr, Fathy, Hamed, Elneny (Warda 64′), Trezeguet (Sobhi 68′), Elsaid, Salah, Mohsen (Kahraba 82′)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top