skip to Main Content
Raih Gelar Ball D’Or 2018, Luka Modrid Kalahkan Ronaldo – Messi

Raih Gelar Ball d’Or 2018, Luka Modrid Kalahkan Ronaldo – Messi

Setelah selama stu dekade dikuasai oleh Ronaldo – Messi, tahun ini penghargaan Ballon d’Or berhasil diraih oleh gelandang Real Madrid dan Kroasia, Luka Modric. Modric berhasil memutuskan dominasi dari Ronaldo – Messi yang sudah berlangsung selama satu dekade terakhir.

Penghargaan diberikan di Grand Palais, Paris, Prancis, Senin (3/12/2018) malam waktu setempat. Modric menempati posisi teratas dengan meraih 753 poin, disusul Ronaldo (476 poin), dan striker Atletico Madrid dan timnas Prancis, Antoine Griezmann (414 poin). Sementara Messi hanya berada di peringkat kelima.

Kesuksesan Modric meraih gelar Ballon d’Or 2018 memang sudah diprediksikan oleh banyak pihak. Hal itu mengingat performa dan prestasi cemerlang yang diraih Modric tahun ini. Pemain asal Kroasia itu sukses mengantarkan negaranya ke Final Piala Dunia 2018, walau harus puas menjadi runner up usai keok atas Perancis.

Di level klub, Modric juga berhasil meraih tiga kali juara Liga Champions berturut-turut bersama raksasa Spanyol, Real Madrid. Dimana gelar ketiga tersebut diraih tahun 2018 ini. Modric juga dinobatkan sebagai pesepakbola putra terbaik FIFA 2018 pada malam penghargaan di London, Inggris pada September lalu.

Keberhasilan ini juga membuat Modric mengakhiri dominasi Messi dan Ronaldo. Dalam satu dekade terakhir, dua bintang sepak bola dunia itu bergantian menjadi yang terbaik. Messi dan Ronaldo sama-sama mengoleksi lima gelar Ballon d’Or dari 2008-2017. Keduanya mendominasi ajang ini sejak mantan pemain AC Milan dan timnas Brasil, Kaka, meraihnya tahun 2007.

“Ini perasaan yang istimewa, saya bahagia, bangga dan ini sebuah kehormatan,” ujar Modric saat menerima penghargaan.

“Ada emosi yang luar biasa sekarang ini. Saya hanya ingin berterima kasih kepada mereka yang membantu saya berada di sini malam ini, saya berterima kasih kepada rekan-rekan setim, para pelatih saya, staf dan Real Madrid, mereka semua yang bekerja di sana, para pelatih dan rekan-rekan setim di timnas, mereka yang memilih saya dan keluarga saya, yang membuat saya berkembang seperti saat ini.”

“Selalu punya mimpi, saya ingin bermain di klub besar, memenangkan gelar. Ballon d’Or adalah apa yang saya impikan sejak kecil, ini sebuah kehormatan bisa memenangkannya malam ini.”

“Sepanjang karier saya, saya paham bahwa kerja, ketekunan, percaya pada diri sendiri, adalah dasar dari ekspresi bakat Anda. Saya senang mengatakan ‘yang terbaik tidak akan pernah mudah’. Bagi saya, ini tidak mudah, diperlukan untuk merebut peluang.”

Daftar Peraih Ballon d’Or (2008-2018)

2008: Ronaldo

2009: Messi

2010: Messi

2011: Messi

2012: Messi

2013: Ronaldo

2014: Ronaldo

2015: Messi

2016: Ronaldo

2017: Ronaldo

2018: Modric

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top