skip to Main Content
Prancis 0-0 Denmark, Kedua Tim Lolos Ke Babak 16 Besar

Prancis 0-0 Denmark, Kedua Tim Lolos ke Babak 16 Besar

Prancis berhadapan dengan Denmark pada Laga terakhir grup C yang menentukan siapa yang lolos sebagai juara grup. Pertandingan yang digelar di Stadion Lunzhniki, Selasa (26/6/2018) ini akhirnya berakhir dengan skor kacamata 0-0. Prancis pun lolos sebagai juara grup, dan Denmark lolos sebagai runner-up.

Sejak sebelum dimulainya pertandingan sudah banyak pihak yang mengkhawatirkan kalau pertandingan antara dua tim yang berada di posisi satu dan dua di grup C ini akan kurang seru dan hanya formalitas belaka. Hal itu pun terbukti dengan permainan yang kurang atraktif dan skor akhir yang tanpa gol.

Jalannya pertandingan

Perancis yang sudah pasti lolos ke babak 16 besar tampak menyimpan beberapa pemain kuncinya pada pertandingan ini. Hal ini tentunya berdampak pada pola permainan mereka yang berbeda dengan dua pertandingan sebelumnya.

Denmark yang bisa membaca situasi pun coba memanfaatkan kondisi ini, mereka memainkan tempo yang agak sedikit lebih lambat dari biasanya dan lebih banyak bertahan. Hasilnya pada menit-menit awal tidak banyak serangan yang membahayakan dari kedua tim.

Setelah sekitar 15 menit pertandingan berjalan, Prancis sedikit lebih menguasai pertandingan dan berhasil melancarkan serangan demi serangan ke daerah pertahanan Denmark, terutama dari sisi sayap yang kurang mendapat penjagaan. Akan tetapi upaya dari para pemain Prancis ini belum mendapatkan hasil yang memuaskan.

Pada menit ke-29, Thomas Delaney mengirim umpan ke Christian Ereiksen yang berlari untuk mendapatkannya tetapi usaha itu masih dapat digagalkan penjaga gawang, Steven Mandanda. Para pemain Demnark sempat meminta pelanggaran kepada wasit karena menganggap Mandanda telah melakukan pelanggaran, tetapi pengadil lapangan itu tidak bergeming.

Tidak lama berselang, prancis ganti melakukan serangan yang mengancam gawang Denmark lewat Ousmane Dembele yang melepaskan tendangan spekulasi dari luar kotak penalty. Sayang tendangannya masih melebar dari gawang Denmark yang dijaga Kasper Schmeichel.

Di penghujung babak pertama, Prancis kembali mendapatkan peluang untuk mencetak gol. Kali ini peluang didapat lewat Antoine Griezmann yang berhasil mendapatkan bola dari umpan panjang, akan tetapi peluang tersebut harus sia-sia karena Griezmann dianggap berada pada posisi offside sebelum umpan dilepaskan. Babak pertama pun berakhir dengan skor imbang 0-0.

Babak kedua dimulai, keadaaan masih sama dengan yang terjadi di babak pertama dimana Prancis tampil lebih menyerang dan mendominasi penguasaan bola. Akan tetapi Denmark pun tetap tenang dalam membangun pertahanan yang rapat dan solid.

Memasuki menit ke-54 Denmark berhasil mendapatkan tendangan bebas di posisi yang cukup bagus. Eriksen yang maju sebagai eksekutor melepaskan tendangan yang arahnya cukup bagus, akan tetapi Mandanda berhasil menghalau bola tersebut dan mengamankan pertahanan Denmark.

Pada sisa pertandingan babak kedua ini tidak banyak peluang membahayakan yang diciptakan kedua tim, Prancis yang tampil kurang atraktif dan minim kreatifitas, ditambah dengan Denmark yang cukup puas bermain bertahan dan mengamankan satu poin membuat sisa pertandingan membosankan.

Sampai wasit meniupkan peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, tidak ada juga gol yang tercipta. Prancis yang tampil cukup dominan di laga ini dengan catatan 62 persen penguasaan bola harus berbagi satu poin dengan Denmark. Laga ini pun menjadi laga pertama yang berakhir tanpa gol pada gelaran Piala Dunia 2018 ini.

Susunan pemain

Denmark (4-3-3): 1-Kasper Schmeichel; 14-Henrik Dalsgaard, 4-Simon Kjaer, 6-Andreas Christensen, 17-Jens Stryger Larsen; 8-Thomas Delaney, 13-Mathias Joergensen, 10-Christian Eriksen; 11-Martin Braithwaite, 21-Andreas Cornelius (Kasper Dolberg 75′), 23-Pione Sisto (Viktor Fischer 60′)

Pelatih: Aage Hareide

Prancis (4-2-3-1): 16-Steve Mandanda; 21-Lucas Hernandez (Benjamin Mendy 50′), 3-Presnel Kimpembe, 4-Raphael Varane, 19-Djibril Sidibe; 15-Steven Nzonzi, 13-N’Golo Kante; 8-Thomas Lemar, 7-Antoine Griezmann (Nabil Fekir 68′), 11-Ousmane Dembele (Kylian Mbappe 78′); 9-Olivier Giroud

Pelatih: Didier Deschamps

Wasit: Sandro Ricci (Brasil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top