skip to Main Content
Pertandingan Pembukaan Piala Dunia 2018, Rusia Menang Besar

Pertandingan Pembukaan Piala Dunia 2018, Rusia Menang Besar

Piala Dunia 2018 resmi dibuka di Rusia, tuan rumah Rusia pun langsung tancap gas dan berhasil memenangkan pertandingan pembuka dengan skor telak 5 gol tanpa balas melawan Arab Saudi.

Bertanding di Stadion Luzhniki, Moskow, Kamis (14/6/2018) tuan rumah tentunya memiliki beban tersendiri untuk dapat tampil bagus di pertandingan pembukaan ini. Terlebih lawannya dapat dikatakan salah satu yang paling enteng di grup mereka. Tapi Rusia berhasil menjawab semua itu dengan kemenangan telak 5-0.

Gol tim tuan rumah dicetak oleh Yuri Gazinskiy menit ke-12, Denis Cheryshev (43′, 90+1′), Artem Dzyuba (71′), dan Aleksandr Golovin (90+3′).

Pada awal babak pertama, kedua tim bermain cukup hati-hati dan membaca permainan lawannya masing-masing. Tetapi setelah pertandingan lewat sekitar 10 menit Rusia mulai bisa sedikit menguasi jalannya pertandingan.

Pada menit ke-12 Rusia berhasil mencetak gol pertama melalui sundulan Yury Gazinskiy. Gol itu berawal dari tendangan sudut yang berhasil dihalau, namun jatuh ke kaki permain Rusia, yang langsung mengangkat bola ke arah kotak penalty dan dengan sukses disundul oleh Gazinskiy dan meluncur ke dalam gawang Arab Saudi.

Setelah berhasil unggul, Rusia semakin semangat untuk bisa menambah gol dan memperbesar keunggulannya dengan serangan-serangan bervariasi yang dilakukan. Sayangnya pada pertengahan babak kedua mereka harus kehilangan Dzagoev yang mengalami cedera hamstring, gelandang CSKA Moskow itu harus digantikan oleh Denis Cheryshev.

Pergantian ini ternyata membawa hasil yang positif, menjelang babak pertama berakhir Cheryshev berhasil mencetak gol dan memperbesar kemenangan tim tuan rumah. Berawal dari tusukan di sisi kiri pertahanan Arab, Cheryshev berhasil mendapatkan bola dan dengan sentuhan pertama yang sangat brilian ia berhasil mengecoh dua bek untuk kemudia melepaskan tendangan keras kaki kiri yang mengarah ke sudut kanan kiper Arab Abdullah Al-Maiouf.

Pertandingan babak pertama berakhir dengan keunggulan tim tuan rumah Rusia 2-0.

Babak kedua dimulai, Rusia masih memegang kendali permainan, terlebih dengan keunggulan 2 gol mereka lebih leluasa memainkan bola dan merancang serangan demi serangan ke pertahanan Arab. Sementara tim tamu berusaha bertahan dan sesekali melakukan counter dengan umpan panjang ke arah sisi lapangan yang masih belum efektif dan mengancam gawang Rusia.

Pada menit ke-71 Rusia kembali memperbesar keunggulannya. Gol bermula dari sisi kiri pertahanan arab, dimana Aleksandr Golovin mengirimkan umpan lambung yang terarah dan Artem Dzyuba berhasil menyundul bola tersebut melewati penjaga gawang Arab dan membuat skor berubah menjadi 3-0 untuk keunggulan Rusia.

Setelah gol ketiga, Rusia terlihat sedikit menurunkan tempo permainan dan pertandingan berlangsung hingga menjelang akhir. Pada menit ke 90+1, Denis Cheryshev mencetak gol keduanya di pertandingan ini dengan tendangan kaki kiri luar yang meluncur deras ke arah gawang Arab. Rusia unggul 4-0.

Tidak berhenti sampai disitu, di menit ke-90+5 Aleksandr Golovin berhasil mencetak gol melalui tendangan bebas, bola tendangannya meluncur melengkung ke arah kiri gawang Abdullah Al-Maiouf.

Peluit panjang pun ditiup oleh wasit tanda berakhirnya pertandingan pembukaan Piala Dunia 2018 ini dengan skor yang telak 5-0 untuk Rusia, tim tuan rumah berhasil mengawali perjalanannya dengan awal yang sempurna.

Susunan pemain

Rusia (4-2-3-1): 1-Igor Akinfeev, 3-Fernandes, 3-Ilya Kutepov, 4-Sergei Ignashevich, 18-Yuri Zhirkov; 8-Yuri Gazinskiy, 11-Roman Zobnin; 19-Aleksandr Samedov (7-Daler Kuzyaev 64’),17-Aleksandr Golovin, 9-Alan Dzagoev (6-Denis Cheryshev 25’); 10-Fedor Smolov (22-Artem Dzyuba 70’).

Pelatih: Stanislav Cherchesov

Arab Saudi (4-1-4-1): 1-Abdullah Al-Maiouf, 6-Muhamad Al-Breik,5- Omar Hawsawi, 3-Osama Hawsawi, 13-Yasir Al-Shahrani; 14-Abdullah Otayf (19-Fahad Al-Muwallad 64’); 17-Tasir Al-Jassim, 8-Yahya Al-Shehri (9-Hattan Sultan Babhir 72’), 18-Salem Al-Dawsari, 7-Salman Al Faraj; 10-Mohamed Al-Sahlawi (20-Muhannad Asiri 84’).

Pelatih: Juan Antonio Pizzi

Wasit: Nestor Pistana (Argentina)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top