skip to Main Content
Pasca Pecat Lopetegui, Spanyol Tunjuk Hierro Jadi Pelatih

Pasca pecat Lopetegui, Spanyol Tunjuk Hierro Jadi Pelatih

Setelah drama pemecatan Julen Lopetegui dari kursi kepelatihan timnas Spanyol, Fernando Hierro ditunjuk menjadi pelatih Spanyol dalam menghadapi Piala Dunia 2018.

Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF) memang harus bergerak cepat memilih pengganti Lopetegui karena Piala Dunia bisa dikatakan akan dimulai dalam hitungan jam. Sebelumnya tersiar kabar bahwa pelatih timnas Spanyol U-21 Albert Celades yang akan menjadi pelatih, tapi kabar itu dimentahkan dengan penunjukan Hierro.

Pemecatan Lopetugui sendiri merupakan keputusan berat bagi RFEF karena waktu yang sangat dekat dengan dimulainya Piala Dunia, tapi tentunya banyak yang dipertimbangkan dan akhirnya keputusan pemecatan itupun diambil.

“Fernando Hierro akan melanjutkan posisi sebagi pelatih kepala selama Piala Dunia Rusia dan akan tampil ke media ditemani presiden RFEF, Luis Rubiales.” dikutip dari website federasi Spanyol tersebut.

Hierro dikenal sebagai mantan pemain Real Madrid yang telah membela madrid selama 14 musim. Ia juga merupakan kapten timnas Spanyol kala masih tampil membela timnas.

Dari segi karir kepelatihan sendiri sebenarnya Hierro agak minim pengalaman dan prestasi. Ia sempat menjadi asisten pelatih real Madrid di musim 2014-2015, lalu menjadi pelatih di klub divisi dua Spanyol yaitu Real Oviedo di musim 2016-2017.

Saat menangani Oviedo performa Hierro pun dipertanyakan, di musim itu Oviedo tidak berhasil promosi dan hubungan kepelatihan Hierro di klub itu diputuskan atas dasar kesepakatan bersama.

Menarik ditunggu bagaimanakah performa Spanyol di Piala Dunia ini, mengingat sebenarnya saat kualifikasi Piala Dunia di bawah pelatih Lopetegui performa Spanyol sangat baik. Lopetegui mampu membawa timnas Spanyol tak terkalahkan sejak memegang tim tersebut usai Piala Eropa 2016. Dalam 20 pertandingan yang dijalani Lopetegui, timnas Spanyol mencatat 14 kemenangan dan 6 hasil imbang.

Apakah Hierro mampu menjawab kepercayaan federasi sepakbola Spanyol tersebut? Kita tunggu jawabannya saat Piala Dunia 2018 Rusia dimulai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top