skip to Main Content
Manchester City Juarai Community Shield 2018 Usai Taklukkan Chelsea

Manchester City Juarai Community Shield 2018 Usai Taklukkan Chelsea

Manchester City memulai musim ini dengan baik setelah pada laga Community Shield 2018 di Stadion Wembley, Minggu (5/8/2018) mereka berhasil mengalahkan Chelsea dengan skor akhir 2-0.

Meski tak diperkuat oleh sejumlah pemain andalannya, namun Man City tetap mampu menampilkan performa yang mengagumkan. Dua gol kemenangan Man City dicetak oleh Sergio Aguero pada menit ke-13 dan 58′.

Kedua tim belum tampil dengan kekuatan terbaiknya meski sebagian besar pemain inti telah tampil. City tak diperkuat Kevin De Bruyne, Raheem Sterling, dan David Silva. Sementara itu, Chelsea tanpa Thibaut Courtois, N’Golo Kante, Olivier Giroud, dan Eden Hazard.

Pada laga ini Man City memang tampil sangat efektif. Meskipun hanya mampu menguasai bola sebesar 52 persen, Man City mampu mencetak 14 peluang dimana 8 diantaranya tepat sasaran. Hal ini jauh berbanding terbalik dari Chelsea yang hanya mampu mencetak empat peluang dan hanya satu yang tepat sasaran.

Jalannya Pertandingan

Pertandingan dimulai dengan serangan yang lebih dulu dikreasikan oleh kubu Man City. Rekrutan anyar mereka, Riyad Mahrez langsung menebar ancaman dengan melepaskan tendangan kaki kiri. Sayangnya, sepakan itu masih bisa diblok. Upaya bagus dilakukan oleh anak asuh Josep Guardiola.

City akhirnya berhasil mencetak gol pembuka di pertandingan ini, adalah Aguero yang berhasil menjebol gawang Chelsea pada menit ke-11. Penyerang asal Argentina itu menerima operan dari Phil Foden sebelum melepaskan tembakan mendatar dengan kaki kirinya. Sepakannya menembus pojok bawah gawang Chelsea tanpa bisa dijangkau oleh kiper Willy Caballero.

Pada menit ke-17, giliran Chelsea yang memperoleh kesempatan emas. Tendangan bebas yang dilepaskan Cesc Fabregas, melengkung indah menuju gawang Man City. Akan tetapi, Claudio Bravo mampu melakukan penyelamatan gemilang dengan menepis datangnya bola.

Bravo melakukan kesalahan yang membahayakan gawang City di menit-menit akhir babak pertama. Kiper asal Chile itu ceroboh saat menghadapi umpan lambung Marcos Alonso yang sebenarnya tak berbahaya. Ia kelabakan ketika bola memantul melewati kepalanya. Untungnya bola tidak terlalu deras dan masih bisa diamankan oleh Bravo.

Man City terus menyerang dan mencoba memperbesar keunggulan. Mereka kerap melancarkan serangan balik yang mampu membuat baris pertahanan Chelsea kerepotan. Akan tetapi, hingga babak pertama berakhir, skor1-0 untuk keunggulan Man City tetap tidak berubah.

Babak kedua dimulai dan City masih terus tampil menekan seperti pada babak pertama. Dalam sebuah serangan balik, Aguero membawa bola dari lini tengah dan melepaskan tembakan. Tapi, tembakannya terlalu lemah dan melenceng.

Aguero membuang kesempatan emas untuk menambah keunggulan City pada menit ke-50. Umpan terobosan dari Kyle Walker membuat Aguero berhadapan satu lawan satu dengan Caballero. Aguero mencoba melewati kiper Chelsea itu, tapi tembakannya malah cuma mengenai sisi luar jala gawang.

Upaya Man City untuk bisa mendapatkan gol kedua baru berbuah hasil di menit ke-58. Umpan terobosan Bernardo Silva ke dalam kotak penalti Chelsea, lekas disambar oleh Aguero dengan sepakan keras yang berujung gol. Man City pun memimpin 2-0 atas Chelsea.

Unggul dua gol tak membuat Man City mengendurkan serangan, meski mereka sudah tak tampil terlalu ngotot seperti sebelumnya. Di menit ke-71, Aguero hampir saja mencetak hat-trick. Sayangnya, tendangan voli yang dilesakkannya masih bisa diredam oleh Caballero.

Pemain pengganti Brahim Diaz berpeluang mencetak gol ketiga City pada menit ke-83. Tapi, tembakan Diaz digagalkan oleh Caballero. Beberapa menit kemudian, giliran Gabriel Jesus yang mendapatkan peluang. Sepakan keras striker asal Brasil itu mengarah ke gawang, tapi masih bisa diblok oleh Caballero.

Di penghujung laga, Chelsea tampak lebih dominan dan berhasil menekan pertahanan City. Pada menit ke-89 Chelsea berpeluang mencetak gol lewat serangan balik cepat, akan tetapi serangan tersebut masih bisa digagalkan oleh Bravo. Tidak lama berselang, wasit pun meniupkan peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan dengan hasil kemenangan 2-0 untuk City.

Susunan Pemain

Chelsea (4-2-3-1): 1-Wily Caballero; 28-Cesar Azapilicueta, 2-Antonio Ruediger, 30-David Luiz, 3-Marcos Alonso; 8-Ross Barkley, 5-Jorginho, 4-Cesc Fabregas (6-Danny Drinkwater 60′); 11-Pedro Rodriguez (15-Victor Moses 79′), 20-Callum Hudson Odoi (22-Willian 59′), 29-Alvaro Morata (19-Tammy Abraham 69′).

Pelatih: Maurizio Sarri.

Manchester City (4-3-3): 1-Claudio Bravo; 2-Kyle Walker, 5-John Stones, 14-Aymeric Laporte (30-Nicolas Otamendi 87′), 22-Benjamin Mendy; 25-Fernandinho, 20-Bernardo Silva, 47-Phil Foden (55-Brahim Diaz 76′); 26-Riyad Mahrez (33-Gabriel Jesus 68′), 19-Leroy Sane (8-Ilkay Guendogan 46′), 10-Sergio Aguero (4-Vincent Kompany 79′).

Pelatih: Pep Guardiola.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top