skip to Main Content
Liverpool Menyelesaikan Transfer Xherdan Shaqiri Dari Stoke

Liverpool Menyelesaikan Transfer Xherdan Shaqiri Dari Stoke

Setelah musim lalu sukses menembus babak final Liga Champions, Liverpool tidak berpuas diri dan terus berusaha memperbaiki skuat mereka untuk musim depan. Xhendan Shaqiri menjadi pembelian awal mereka guna memperdalam tim mereka dalam menghadapi beberapa kompetesi musim depan.

Shaqiri menjalani tes medis pada jumat kemarin dan menjadi pembelian ketiga Liverpool musim panas ini. Sumber mengatakan bahwa pemain berumur 26 tahun itu meneken kontrak lima tahun setelah Liverpool mengaktifkan klausul kontraknya di Stoke sebesar 13 juta poundsterling.

Pemain timnas Swiss itu sebenarnya sudah dipantau Liverpool sejak tahun 2014, akan tetapi pada musim-musim sebelumnya belum ada pergerakan dari Liverpool untuk menjajaki peluang perekrutan dirinya. Ketika Liverpool bergerak dan mengajukan ketertarikannya, Shaqiri langsung menyetujui dan menambatkan hatinya ke Anfield.

“Saya sangat senang bisa ada disini. Liverpool adalah klub besar dengan pemain-pemain hebat, sejarah yang gemilang dan pelatih yang fantastis,” ucap Shaqiri dikutip dari website resmi Liverpool. “Tentu saja saya sangat senang dan gembira bisa masuk ke klub sebesar ini.

“Sebagai seorang pesepakbola kamu selalu ingin untuk ada di panggung terbesar yang ada. Beberapa tahun yang lalu saya ingin juga berada di klub besar, tapi itu belum terjadi saat itu. Saya sangat bahagia akhirnya saya bisa berada disini sekarang.

“Saya ingin meningkatkan kemampuan saya juga, saya ingin bermain bersama pemain-pemain terbaik dan tentunya saya juga ingin berkontribusi dalam meraih gelar yang besar. Itulah mengapa saya berada disini.”

Shaqiri pindah ke Stoke pada tahun  2015 dari Inter Milan dan mencetak 15 gol dari 92 penampilannya untuk The Potters, yang pada musim lalu terdegradasi menyusul performa yang bisa dibilang cukup buruk sepanjang musim lalu.

Pada Piala Dunia tahun ini, Shaqiri tampil cukup bagus di timnas Swiss, saat yang bisa diingat adalah saat ia mencetak gol di menit ke-90 yang membuat Swiss berhasil meraih kemenangan 2-1 atas Serbia di fase Grup bulan lalu.

Pelatih Liverpool Jurgen Klopp juga angkat bicara mengenai pemain ini “Shaqiri adalah pemain yang akan membuat perbedaan besar terhadap skuat dan tim secara keseluruhan, karena ia dapat mengisi banyak posisi di sistem yang ada. Dia memberikan kami fleksibilitas yang lebih besar pada bagaimana kami bisa menempatkan pemain-pemain yang ada guna meraih skema yang baik dan beragam.”

“Saya mengenal Shaqiri cukup baik dari penampilannya bersama timnas Swiss dan khususnya saat ia bermain di Liga Jerman. Saya adalah pengagumnya sejak beberapa waktu yang lalu. Saat ini ia telah merasakan bagaimana bermain di Liga Inggris, dan tentunya hal itu akan membantunya untuk bisa beradaptasi di Liverpool dan meraih berbagai gelar yang menjadi ambisi kami.”

Shaqiri memulai karirnya di FC Basel dan direkrut oleh Bayern Munich di tahun 2012, ia menghabiskan dua setengah musim di Bundesliga sebelum pindah ke Inter Milan selama enam bulan, untuk kemudian bergabung bersama Stoke City di Liga Inggris.

Setelah perekrutan Shaqiri ini, Liverpool masih menginginkan dan membutuhkan gelandang serang kreatif yang lainnya. Setelah usaha mendapatkan Nabil Fekir gagal di  bulan Juni yang lalu, Liverpool mencari beberapa alternatif lainnya. Christian Pulisic dari Dortmund dan Julian Draxler dari PSG menjadi beberapa pemain yang masuk radar Liverpool saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top