skip to Main Content
Kalahkan Senegal, Kolombia Lolos Ke Babak 16 Besar Sebagai Juara Grup H

Kalahkan Senegal, Kolombia Lolos Ke Babak 16 Besar Sebagai Juara Grup H

Kolombia berhasil lolos ke babak 16 besar dengan predikat sebagai juara Grup H setelah mengalahkan Senegal 1-0 di laga terakhir Grup tersebut. Senegal yang kalah dari Kolombia bernasib sial karena harus gugur akibat kalah dalam perhitungan fair play dari Jepang, yang lolos sebagai runner-up Grup H.

Bertanding di Samara Arena, Kamis (28/6/2018), Senegal dan Kolombia bermain dengan tempo yang sedang-sedang saja dan tampak kurang menekan. Pertandingan imbang tanpa gol selama sekitar 70 menit, sampai akhirnya Yerry Mina berhasil mencetak gol kemenangan bagi Kolombia.

Jalannya pertandingan

Kolombia datang ke pertandingan ini dengan misi meraih tiga poin penuh dan lolos ke babak 16 besar. Hal ini terlihat pada menit-menit awal pertandingan dimana Kolombia langsung tampil menyerang dengan cepat dan berusaha mencetak gol secepat mungkin. Cuadrado berhasil menciptakan di awal pertandingan dari sisi sayap kanan, tetapi umpang silang yang dilepaskannya masih terlalu cepat dan berhasil dihalau pemain belakang Senegal.

Kolombia kembali mengancam lewat tendangan bebas, yang didapat karena Falcao dilanggar oleh bek Senegal. Tendangan bebas yang dieksekusi oleh Juan Quintero arahnya sebenarnya bagus dan berhasil melewati pagar betis pemain Senengal, akan tetapi Khadim N’Diaye masih bisa dengan sigap menepis bola tersebut dan mengamankan gawang Senegal.

Pada menit ke-17 Senegal hampir saja mendapatkan penalti, saat Mane berhasil lolos di kotak penalti dan dijegal oleh Davinson Sanchez. Wasit pun pada awalnya menunjuk titik putih, akan tetapi setelah mendapatkan masukan dari asisten ia pun melakukan pengecekan VAR, dan dari tayang ulang terlihat Sanchez mengambil bola dengan bersih. Wasit pun meralat keputusannya dan tidak menghadiahkan penalty untuk Senegal.

Senegal yang sedikit unggul dalam penguasaan bola pada pertengahan babak pertama ini kembali mendapatkan peluang lewat Keita Balde yang melepaskan tendangan melengkung kea rah tiang jauh, akan tetapi David Ospina masih berhasil mengamankan bola tersebut. Pertandingan babak pertama pun berakhir dengan skor kacamata 0-0.

DI awal babak kedua, kondisi masih tidak jauh berbeda dari akhir babak pertama, tempo pertandingan pun masih berjalan relatif sedang-sedang saja dimana kedua tim saling menyerang dan berusaha memecah kebuntuan. Setelah satu jam pertandingan berjalan, Mane mendapat peluang untuk mencetak gol lewat tendangan bebas di posisi yang cukup bagus. Akan tetapi Mane terlihat terpeleset dan tendangannya melenceng jauh dari gawang Kolombia.

Kolombia akhirnya berhasil mencetak gol pada menit ke-74 lewat gol Yerry Mina. Gol berawal dari tendangan sudut yang dieksekusi oleh Quintero, Yerry Mina yang lolos dari penjagaan bek Senegal berhasil mendapatkan posisi yang bagus dan melompat tinggi untuk kemudian menyundul bola ke dalam gawang Senegal. Kolombia unggul 1-0.

Tersentak dengan gol yang dicetak oleh kolombia dan bayangan akan gugur apabila kalah pada pertandingan ini, Senegal berusaha menyamakan kedudukan dengan tampil lebih menyerang. Di menit ke-82, kesalahan Kolombia hampir saja menguntungkan Senegal. Percobaan tekel Carlos Sanchez membuat bola bergulir ke jalur Konate di dalam kotak penalti. Namun, sebelum bisa dijangkau pemain Senegal, Ospina dengan cepat mengamankan bola.

Senegal terus berusaha menyerang di sisa laga, sedangkan Kolombia tetap tenang dan merapatkan pertahanannya guna mengamankan keunggulan yang sudah diraih. Hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, tidak ada lagi gol yang tercipta.

Kemenangan ini menempatkan Kolombia sebagai juara Grup H dengan perolehan enam poin. Sementara Senegal harus gugur dan finis di posisi ketiga, dibawah Jepang yang akan lolos ke babak 16 besar mendampingi Kolombia.

Di fase knockout pertama, Kolombia akan menghadapi Inggris yang menjadi runner-up Grup G. Sementara Jepang akan berhadapan dengan Belgia selaku juara Grup G.

Susunan pemain

Senegal: Khadim N’Diaye, Gassama, Sane, Koulibaly, Sabaly (Wague 74), Sarr, Kouyate, Gueye, Mane, Balde (Konate 80), Niang (Sakho 86)

Kolombia: Ospina, Arias, Davinson Sanchez, Mina, Mojica, Uribe (Lerma 83), Carlos Sanchez, Cuadrado, Quintero, Rodriguez (Muriel 31), Falcao (Borja 89)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top