skip to Main Content
Kalahkan Rusia 3-0, Uruguay Lolos Ke Babak 16 Besar Sebagai Juara Grup A

Kalahkan Rusia 3-0, Uruguay Lolos Ke babak 16 Besar Sebagai Juara Grup A

Timnas Uruguay berhasil lolos ke babak 16 besar pada Piala Dunia 2018 sebagai juara Grup A setelah mengalahkan Rusia 3-0 di Samara Arena, Samarskaya Oblast, Senin (25/6/2018) malam WIB. Walau kalah, Rusia juga tetap lolos ke babak 16 besar dengan predikat sebagai runner up.

Kemenangan ini melengkapi pencapaian menakjubkan Uruguay pada fase grup ini. Uruguay berhasil meraih poin sempurna yaitu 9 dari hasil tiga kemenangan, mereka juga belum pernah kebobolan dari tiga laga tersebut, performa yang sangat baik dan mengancam tim-tim lain di grup lainnya.

Gol pertama Uruguay dicetak oleh Suarez lewat tendangan bebas. Uruguay memperbesar keunggulan lewat gol bunuh diri Denis Cheryshev, kemudian di babak kedua Edinson Cavani melengkapi kemenangan Uruguay menjadi 3-0 dengan golnya.

Jalannya pertandingan

Walau kedua tim sudah memastikan diri lolos ke babak 16 besar, itu tidak merubah tensi dari pertandingan ini, sejak menit awal kedua tim bermain terbuka dan saling menyerang satu sama lain. Serangan Uruguay terlihat lebih membahayakan pertahanan Rusia dengan skema permainan mereka di awal laga ini.

Terbukti pada menit ke-10 Uruguay mendapatkan peluang lewat Rodrigo bentacur yang berhasil menusuk ke arah pertahanan Rusia, saying ia dijatuhkan dan Uruguay mendapatkan tendangan bebas. Suarez yang mengeksekusi tendangan bebas ini dengan cerdik memanfaatkan pergerakan dari pagar betis yang malah bergerak dan membuka ruang, ia melepaskan tendangan ke arah tiang dekat yang tidak mampu diantisipasi oleh kiper Rusia Igor Akinfeev. Uruguay pun unggul 1-0.

Uruguay yang dalam posisi unggul tidak mengendurkan serangannya, sebaliknya mereka semakin bersemangat untuk menambah gol dan membombardir pertahanan Rusia lewat berbagai skema serangan. Rusia yang tertekan pun tidak punya pilihan selain merapatkan pertahanan dan mencoba membalas lewat skema serangan balik.

Akhirnya pada menit ke-23 uruguay berhasil memperbesar keunggulan mereka. Gol bermula dari tendangan sudut yang didapatkan Uruguay, bola liar berhasil didapatkan oleh Diego Laxalt yang langsung melepaskan tendangan ke arah gawang, bola pun memantul kaki Denis Cheryshev dan meluncur ke dalam gawang Rusia. Gol ini dinyatakan sebagai gol bunuh diri  Denis Cheryshev.

Rusia yang sudah ketinggalan 2 gol menoba untuk keluar dari tekanan para pemain Uruguay dan tampil lebih cepat dan keras. Petaka bagi Rusia terjadi pada menit ke-36 saat Smolnikov mengganjal Cavani yang berhasil lolos dari kawalannya dan berlari ke arah gawang Rusia, wasit pun tanpa ampun mengeluarkan kartu kuning kedua kepadanya dan Rusia harus meneruskan sisa pertandingan dengan 10 orang.

Memanfaatkan keunggulan jumlah pemain, Uruguay kembali tampil dominan dengan penguasaan bola yang lebih baik. Akan tetapi di sisa waktu babak pertama tidak ada lagi gol yang tercipta dan skor 2-0 bertahan sampai turun minum.

Pertandingan babak kedua dimulai. Uruguay kembali mencoba mendominasi permainan. Uruguay kembali mengurung pertahanan Rusia dan membuat seluruh pemain tim tuan rumah ini berada di area permainannya.

Tempo pertandingan agak sedikit menurun di babak kedua ini, Uruguay lebih banyak mendapatkan peluang, sementara Rusia yang kalah jumlah pemain lebih banyak bertahan dan mengandalkan serangan balik yang masih juga tidak menghasilkan peluang yang mengancam Uruguay.

Menjelang akhir babak kedua, Rusia mulai berhasil mengimbangi permainan Uruguay dan melakukan penguasaan bola yang cukup baik, walau belum dibarengi dengan  serangan yang membahayakan. Pada menit-menit akhir Rusia justru harus kejebolan lagi lewat gol Edinson Cavani. Pertandingan pun berakhir dan Uruguay mengakhiri pertandingan akhir di Grup A dengan sempurna.

Susunan pemain

Uruguay: Muslera; Coates, Godin, Caceres; Laxalt, Nandez (Rodriguez 73), Torreira, Bentancur (De Arrascaeta 63), Vecino; Suarez, Cavani (Gomez 90+4)

Russia: Akinfeev; Smolnikov, Kutepov, Ignashevich, Kurdjasov; Samedov, Gazinskiy (Kuzyaev 46), Miranchuk (Smolov 60), Zobnin, Cheryshev (Fernandes 38); Dzyuba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top