skip to Main Content
Kalahkan Meksiko 3-0, Swedia Lolos Ke Babak 16 Besar Sebagai Juara Grup F

Kalahkan Meksiko 3-0, Swedia Lolos Ke Babak 16 Besar Sebagai Juara Grup F

Swedia berhasil mengalahkan Meksiko dengan skor telak 3-0 pada pertandingan pamungkas di Grup F Piala Dunia 2018 di Ekaterinburg Arena pada Rabu (27/6/2018) malam WIB. Kemenangan ini membuat Swedia lolos ke babak 16 besar dengan predikat sebagai juara Grup F.

Datang ke pertandingan ini dengan tiga poin dari dua pertandingan yang telah dilangsungkan, Swedia sebenarnya meiliki beban yang lebih besar untuk bisa memenangkan pertandingan jika dibandingkan dengan Meksiko, yang sudah meraih 6 poin dari dua pertandingan.

Tapi hasil pertandingan sedikit di luar dugaan dimana Swedia bisa menang telak. Tiga gol Swedia dicetak di babak kedua. Gol-gol Swedia dicetak oleh Ludwig Augustinsson, Andreas Granqvist, dan gol bunuh diri Edson Alvarez.

Meski kalah, Meksiko tetap lolos ke babak 16 besar sebagai runner-up. Hal ini terjadi akibat di pertandingan lain grup F, Jerman secara mengejutkan kalah 0-2 dari Korsel. Dengan hasil ini Jerman harus gugur  dengan predikat juru kucni Grup F karena kalah selisih gol dari Korsel.

Jalannya pertandingan

Swedia yang mengincar kemenangan, tampil menyerang dan terbuka sejak menit awal pertandingan. Hail itu pun berdampak positif, Sebastian Larsson mengumpan lewat tendangan bebas, umpannya mencapai Marcus Berg yang langsung menyundulnya, tapi sayangnya tidak ada yang berhasil menjangkau bola hasil sundulannya tersebut.

Tak berselang lama, Swedia kembali mendapatkan peluang untuk bisa membuka keunggulan mereka atas Meksiko. Berawal dari umpan Ekdal, Toivonen coba menyambutnya dengan sebuah tandukkan. Namun Ochoa mampu membaca arah bola hasil sundulan Toivonen tersebut.

Meksiko yang merasa tertekan mencoba untuk keluar dari tekanan Swedia dan membalas dengan permainan cepat. Hernandez pun hampir saja berhasil mencetak gol lewat tendangan keras menyusur tanah yang mengarah ke gawang Swedia, akan tetapi kiper Olsen masih bisa mengamankan bola dengan baik.

Swedia kembali mendapatkan peluang emas di menit ke-33. Forsberg yang mendapatkan bola hasil umpan silang langsung melepaskan tendangan, akan tetapi bola tendangannya tersebut masih melambung tinggi di atas mistar gawang Meksiko.

Meksiko ganti mendapatkan peluang untuk mecetak gol di menit ke-40 lewat Vela, yang menyusuri sayap sebelah kanan dan bergerak menusuk kedalam kotak penalti. Ia kemudian melepaskan tendangan kaki kiri, sayangnya bola hasil tendangannya itu juga masih melambung di atas mistar gawang Swedia. Babak pertama pun berakhir dengan skor imbang 0-0.

Memasuki babak kedua, akhirnya kebuntuan terpecahkan jugasetelah Swedia berhasil mencetak gol. Gol bermula dari umpang cantik yang dilepaskan Viktor Claesson, bola berhasil menjangkau Ludwig Augustinsson yang langsung melepaska tendangan yang berhasil membuat bola bersarang di gawang Meksiko. Swedia unggul 1-0.

Swedia kembali mengancam gawang Meksiko pada menit ke-52. Forsberg kembali menjadi momok bagi pertahanan Meksiko, ia berhasil mendapatkan bola dan melepaskan tendangan ke gawang. Sayangnya bolanya masih juga melambung tinggi di atas gwang Meksiko.

Swedia berhasil memperbesar keunggulan menjadi 2-0 lewat titik penalti setelah Hector Moreno melanggar Marcus Berg di menit ke-62. Granqvist maju sebagai eksekutor dan berhasil mengkonversikan pelanti tersebut menjadi gol ke gawang Meksiko.

Petaka bagi Meksiko masih berlanjut pada menit ke-74 saat bek Edson Alvarez berusaha menghalau bola, akan tetapi sayangnya bola malah mengarah ke gawangnya sendiri. Skor pun berubah menjadi 3-0 akibat gol bunuh diri tersebut.

Sampai wasit meniupkan peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, tidak ada lagi gol yang tercipta. Swedia pun dengan brilian berhasil memuncaki geup F dan lolos ke babak 16 besar.

Susunan pemain

Meksiko: Ochoa; Alvarez, Salcedo, Moreno, Gallardo (Fabian 65′); Guardado (Corona 75′), H.Herrera; Layun (Peralta 89′), Vela, Lozano; Hernandez.

Swedia: Olsen; Lustig, Lindelof, Granqvist, Augustinsson; Larsson (Svensson 57′), Ekdal (Hiljemark 80′), Claesson, Forsberg; Berg (Isaac Kiese 68′), Toivonen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top