skip to Main Content
Kalahkan Korea Selatan 2-1, Meksiko Selangkah Lebih Dekat Ke Babak 16 Besar

Kalahkan Korea Selatan 2-1, Meksiko Selangkah Lebih Dekat ke Babak 16 Besar

Timnas Meksiko berhasil memperoleh 3 poin saat mengalahkan Korea Selatan dengan skor 2-1 pada lanjutan babak penyisihan Grup F Piala Dunia 2018 di Rostov Arena, Sabtu (23/6/2018).

Gol pertama pada pertandingan ini dicetak Meksiko lewat eksekusi penalti Carlos Vela. Meksiko kemudian berhasil memperbesar keunggulan menjadi 2-0 lewat gol yang dicetak striker andalan mereka, Javier ‘Chicharito’ Hernandez. Korsel berhasil mencetak gol hiburan di masa injury time babak kedua melalui aksi Son Heung Min.

Jalannya Pertandingan

Pada awal pertandingan, Meksiko yang memang diunggulkan langsung tampil menyerang dan unggul dari segi penguasaan bola. Tetapi tim lawan masih cukup rapi dalam membangun pertahanan. Pada menit ke-3 Javier Hernandez berhasil menguasai bola di dekat kotak penalti Korsel, tetapi bek Korsel dengan sigap langsung memotong dan menjatuhkannya.

Sepuluh menit berjalan, Meksiko yang tampil menyerang dan lebih banyak menguasai bola masih belum bisa membongkar pertahanan rapat yang dibangun Korsel. Pada menit ke-12, Chicharito mendapat peluang di dalam kotak penalti melalui sundulan, memanfaatkan umpan silang dari tendangan bebas. Akan tetapi, bola tandukannya masih melambung menjauhi gawang dan hanya menghasilkan tendangan gawang.

Pada menit ke 25, akhirnya Meksiko mendapatkan penalti setelah tangan Jang Hyun-soo memblok bola yang ditendang oleh Hirving Lozano. carlos Vela maju sebagai eksekutor, ia pun berhasil mengecoh kiper Korsel Cho Hyun-Woo dan membuat Meksiko unggul sementara 1-0.

Walau sudah berhasil mencetak gol, Meksiko tidak mengendurkan serangannya. Mereka tetap tampil menyerang dan berusaha untuk memperbesar keunggulannya. Korsel yang ketinggalan satu gol pun bermain lebih terbuka dan beberapa kali mendapatkan peluang lewat skema serangan balik yang cepat.

Korsel mendapatkan peluang emas pada menit ke-39 lewat Son yang berhasil lolos dar jebakan offside. Akan tetapi beruntung bagi Meksiko, Guillermo Ochoa masih sigap menutup ruang tembak Son sehingga bola tidak berhasil masuk ke gawang Meksiko. Babak pertama pun berakhir dengan skor 1-0 untuk keunggulan Meksiko.

Babak kedua dimulai, permainan masih berjalan seperti pada akhir babak pertama, kedua tim sama-sama menyerang dengan skema yang sedikit berbeda. Meksiko menerapkan serangan terarah, sementara Korsel lebih mengandalkan serangan balik.

Akhirnya Meksiko berhasil memperbesar keunggulannya pada menit ke-66 lewat gol Javier Hernandez. Gol bermula lewat Lozano yang mendapatkan bola dari Guardado, ia kemudian melepaskan umpan terarah kepada Javier Hernandez. mantan striker Manchester United itu lalu mengontrol bola, membelokkan bola ke arah kiri dan mengecoh bek Korsel, lalu melepaskan tendangan ke sisi kiri gawang Korsel dan mengubah skor menjadi 2-0 untuk Meksiko.

Pada masa injury time, Korsel berhasil memperkecil skor lewat gol Son Heung-min. Pemain Tottenham itu berhasil mencetak gol lewat tendangan keras dari luar kotak penalti yang gagal dijangkau Ochoa, skor pun berubah menjadi 2-1. Sampai wasit penipkan peliut panjang, tidak ada lagi gol yang tersisa.

Dengan kemenangan ini, Meksiko sementara memuncaki Grup F dengan hasil 6 poin dari dua laga yang sudah dimainkan, sementara Korsel berada di posisi terbawah dengan poin 0. Pada pertandingan selanjutnya Meksiko akan menghadapi Swedia, sementara Korsel akan bertanding melawan Jerman.

Susunan pemain

Korea Selatan: 23-Jo Hyeon-Woo, 19-Kim Young-Gwon, 20-Jang Hyun-Soo, 12-Kim Min-Woo (14-Hong Chul 84′), 2-Lee Yong, 16-Ki Sung-Yueng, 8-Ju Se-Jong (10-Lee Seung-Woo 64′), 17-Lee Jae-Sung, 18-Moon Seon-Min (15-Jung Woo-Young 77′), 7-Son Heung-Min, 11-Hwang Hee-Chan

Pelatih: Shin Tae-Yong

 

Meksiko: 13-Guillermo Ochoa, 15-Hector Moreno, 3-Carlos Salcedo, 23-Jesus Gallardo, 21-Edson Alvarez, 11-Carlos Vela (10-Giovani Dos Santos 77′), 18-Andres Guardado (4-Rafael Marquez 68′), 16-Hector Herrera, 14-Javier Hernandez, 22-Hirving Lozano (17-Jesus Corona 71′), 7-Miguel Layun

 

Pelatih: Juan Carlos Osorio

 

Wasit: Milorad Mazic (Serbia)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top