skip to Main Content
Kalahkan Italia 3-1 Di Allianz Riviera, Prancis Tampil Impresif

Kalahkan Italia 3-1 di Allianz Riviera, Prancis Tampil Impresif

NicePrancis melanjutkan uji coba jelang Piala Dunia 2018 dengan meraih kemenangan atas Italia. Pada pertandingan itu Prancis berhasil meraih kemenangan dengan skor 3-1.

Dalam pertandingan di Allianz Riviera, Nice, Sabtu (2/6/2018) dini hari WIB, Prancis turun nyaris dengan kekuatan terbaiknya. N’Golo Kante dan Paul Pogba dipasang di lini tengah, sementara lini serang dipimpin oleh Antoine Griezmann dan Kylian Mbappe.

Sementara itu, pelatih Italia Roberto Mancini melakukan perubahan pada timnya. Dia memberi kesempatan debut kepada Mattia Caldar, Rolando Mandragora, dan Domenico Berardi.

Prancis memulai laga dengan performa yang menakjubkan, akurasi umpan dan kecepatan pemainnya sejak awal sudah merepotkan barisan pertahanan Italia. Bahkan mereka hanya butuh delapan menit untuk unggul atas Italia.

Tendangan bebas Benjamin Pavard diteruskan oleh Mbappe yang berada di tiang jauh. Tendangan Mbappe berhasil ditepis oleh Salvatore Sirigu, Tapi bola muntah langsung dimanfaatkan oleh Samuel Umtiti untuk mencetak gol pertama Prancis.

Tersentak dengan gol cepat dari Prancis, membuat Italia coba keluar menyerang. Alhasil sebuah peluang emas didapat Italia untuk bisa menyamakan kedudukan melalui aksi dari Mario Balotelli. Namun tembakan Balotelli masih dengan mudah diamankan oleh Hugo Lloris.

Pada menit 19 Prancis kembali mengancam lewat tendangan Kante dari luar kotak penalti yang sayangnya masih membentur tiang gawang sebelah kanan italia.

Di menit ke-29, Prancis mendapat hadiah penalti setelah Lucas Hernandez dilanggar oleh Mandragora. Griezmann yang maju sebagai eksekutor sukses menjalankan tugasnya, dengan tendangan penalti ke arah kiri dari gawang italia, ia berhasil memperdaya Lloris.

Italia sempat menipiskan ketertinggalan di menit ke-36 melalui gol kaptennya Bonucci. Tendangan bebas yang dilepaskan Balotelli berhasil diblock oleh Lloris, tetapi bola memantul liar ke arah Bonucci dan ia berhasil menceploskannya ke gawang Prancis. Skor sementara 2-1 untuk keunggulan Prancis bertahan hingga babak pertama berakhir.

Di babak kedua, gaya bermain menyerang diterapkan kedua tim, terutama Italia yang tak ingin mengalami kekalahan pada laga ini. Bahkan mereka hampir saja bisa menyamakan kedudukan, jika tembakan Lorenzo Pellegrini tak mampu ditepis oleh Lloris.

Usaha Italia untuk dapat menyamakan kedudukan harus pupus di menit 62 setelah Prancis berhasil mencetak gol dan mengubah skor menjadi 3-1. Adalah Ousmane Dembele yang sukses menyumbangkan golnya untuk Prancis, ia mencetak gol indah dengan melakukan tendangan lob yang tidak dapat dijangkau sirigu dan mendarat indah di sisi kiri gawang italia.

Italia kembali mencoba memperkecil kedudukan pada menit 66. De Sciglio mengirimkan umpan ke arah kotak penalty, Balotelli berhasil menyundul bola tersebut, tapi bola masih meluncur sedikit diatas mistar gawang Prancis.

Memasuki 15 menit jelang pertandingan berakhir, Prancis kembali mendapatkan kesempatan emas untuk bisa memperbesar keunggulan. Memanfaatkan umpan matang dari Thomas Lemar, Olivier Giroud menyambutnya dengan sundulan. Tapi upaya Giroud tersebut masih belum tepat sasaran.

Akhirnya wasit pun meniupkan peluit panjang tanda usainya pertandingan, skor akhir 3-1 untuk kemenangan Prancis. Prancis akan melanjutkan persiapannya menuju Piala Dunia 2018 dengan menghadapi Amerika Serikat pada 9 Juni. Sedangkan Italia akan melawan Belanda pada 4 Juni.

Susunan Pemain

Prancis: Lloris; Pavard, Rami, Umtiti, Lucas Hernandez (Mendy 61); Tolisso (Matuidi 77), Kante, Pogba (N’Zonzi 86); Mbappé (Thauvin 82), Griezmann (Giroud 77), Dembélé (Lemar 70)

Italia: Sirigu; D’Ambrosio (Florenzi 74), Bonucci, Caldara, De Sciglio; Pellegrini (Cristante 65), Jorginho (Bonaventura 78), Mandragora; Berardi (Insigne 74), Balotelli (Belotti 86), Chiesa (Zappacosta 88)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top