skip to Main Content
Kalahkan Islandia 2-0, Nigeria Membuka Peluang Lolos Ke Babak 16 Besar

Kalahkan Islandia 2-0, Nigeria Membuka Peluang Lolos ke Babak 16 Besar

Timnas Nigeria sukses meraih tiga poin saat menhadapi Islandia pada pertandingan kedua Grup D Piala Dunia 2018 yang berlangsung di Stadion Volgograd, Rusia, Jumat (22/6/2018) malam WIB. Pahlawan Nigeria di pertandingan kali ini adalah Ahmed Musa yang berhasil mencetak dua gol.

Nigeria baru bisa memecah kebuntuan di babak kedua. Musa dua kali menjebol gawang Hannes Thor Halldorsson untuk memberi Nigeria tiga poin. Islandia sempat mendapat secercah harapan untuk bias mengejar ketinggalan setelah mendapatkan hadiah penalti, tetapi Sigurdsson gagal mengkonversikan penalty tersebut menjadi gol.

Kemenangan ini membuka peluang Nigeria untuk lolos ke Babak 16 besar melihat posisi klasemen sementara di Grup D, dimana Nigeria bertengger di posisi kedua dengan raihan tiga poin, di atas Argentina dan Islandia.

Jalannya Pertandingan

Pertandingan berlangsung ketat dan terbuka sejak menit-menit awal. Kedua tim saling menyerang dan tampil menekan guna mengejar tiga poin yang sangat berharga.

Baru tiga menit pertandingan berjalan, Islandia sudah mendapatkan peluang lewat tendangan bebas dari posisi yang cukup bagus di depan kotak penalty Nigeria. Eksekusi tendangan bebas Gylfi Sigurdsson melewati pagar betis Nigeria dan mengarah ke pojok kiri atas, tapi Francis Uzoho masih bisa menepis bola dan hanya menghasilkan tendangan penjuru.

Islandia kembali mengancam pertahanan Nigeria pada menit keenam melalui sepakan Alfred Finnbogason. Sayangnya, tembakan tersebut masih bisa dipatahkan. Sementara itu, Nigeria mencoba bangkit dan memberikan serangan balasan, tapi pertahanan Islandia masih cukup solid dan belum ada serangan yang membuahkan hasil.

Memasuki menit ke-20, Islandia kembali mendapat peluang. Berawal dari umpan silang Aron Gunnarsson yang dihalau Uzoho, bola memantul liar kemudian mengarah ke Birkir Bjornason yang ada di dalam kotak penalti. Ia pun langsung melepaskan tendangan voli. Sayangnya, bola tendangannya berbelok arah dan malah menjauhi gawang Nigeria.

Setelah setengah jam pertandingan berlangsung, Nigeria perlahan mulai dapat sedikit lebih mendominasi penguasaan bola. Operan-operan dan tusukan mereka terlihat cukup baik dan mengancam pertahanan Islandia, tetapi tetap masih belum bisa menembus pertahanan Islandia dan mencetak gol. Babak pertama diakhiri dengan skor imbang tanpa gol.

Babak kedua pun dimulai, dan belum lama sejak dimulainya babak pertama, tepatnya menit ke -49 Nigeria akhirnya berhasil mencetak gold an merubah skor menjadi 1-0. Gol bermula dari serangan balik cepat, Moses menggiring bola di sisi kanan lalu melepaskan umpan silang ke kotak penalty. Ahmed Musa berhasil mendapatkan bola kemudian melepaskan tendangan keras yang berhasil bersarang di gawang ISlandia yang dijaga Hannes Thor Halldorsson.

Unggul satu gol membuat Nigeria semakin percaya diri dan semakin gencar menyerang dan membombardir pertahanan Islandia. Pada menit ke-57 Wilfred Ndidi mendapatkan peluang lewat tendangan keras dari luar kotak penalty, tetapi Halldorsson masih mampu menepisnya dan mengamankan gawangnya.

Nigeria berhasil memperbesar keunggulannya pada menit ke-75, Musa kembali menjadi pahlawan dengan mencetak gol keduanya pada pertandingan ini. Gol bermula dari Kenneth Omeruo yang mengirimkan umpan panjang kea rah kotak penalty, Musa berhasil melepaskan diri dari kawalan pemain belakang ISlandia dan menggiring bola menuju gawang. Halldorsson berusaha untuk mengamankan bola, tetapi Musa berhasil mengecohnya untuk kemudian melepaskan tendangan ke arah gawang dan merubah skor menjadi 2-0 untuk Nigeria.

Pada menit ke-80, Islandia mendapatkan peluang untuk memperkecil ketertinggalan setelah Alfred Finnbogason dilanggar di kotak terlarang. Sayang, Sigurdsson yang jadi eksekutor gagal melakukan tugasnya setelah bola hasil tembakannya melayang tinggi di atas gawang Nigeria.

Di sisa waktu babak kedua, Islandia terus menyerang dan berusaha mencetak gol, tetapi masih tidak bisa menembus pertahanan rapat pemain Nigeria. Wasit pun meniup peluit panjang tanda  berakhirnya pertandingan.

Pada laga terakhir di Grup D Piala Dunia 2018, Nigeria akan menghadapi Argentina 27/6/2018) dini hari WIB. Sementara Islandia akan menghadapi Serbia.

Susunan pemain

Nigeria (3-5-2): 23-Francis Uzoho, 5-William Troost-Ekong, 6-Leon Balogun, 22-Kenneth Omeruo, 2-Bryan Idowu (21-Tyronne Ebueshi 46’), 8-Oghenekaro Etebo (18-Alex Iwobi 90+1’), 10-John Obi Mikel, 4-Wilfried Ndidi, 11-Victor Moses, 14-Kelechi Iheanacho (9-Odion Ighalo 85’), 7-Ahmed Musa

Pelatih: Gernot Rohr (Jerman)

Islandia (4-4-2): 1-Hannes Haldorsson, 6-Ragnar Sigurdsson (5-Sverrir Ingason 65’), 14-Karl Arnason, 18-Hordur Magnusson, 2-Birkir Saevarsson, 10-Gylfi Sigurdsson, 17-Aron Gunnarsson (23-Ari Skulason 87’), 8-Birkir Bjarnason, 19-Rurik Gislason, 11-Alfred Finnbogason, 22-Jon Bodvarsson (9-Brorn Sigurdarson 71’)

Pelatih: Heimir Hallgrimsson (Islandia)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top