skip to Main Content
Kalahkan Argentina 3-0, Kroasia Lolos Ke Babak 16 Besar

Kalahkan Argentina 3-0, Kroasia Lolos ke Babak 16 Besar

Timnas Kroasia berhasil mencatatkan hasil yang mengejutkan kala mengalahkan Argentina dengan skor 3-0 pada pertandingan kedua mereka di Grup D Piala Dunia 2018 Rusia yang dilangsungkan di Stadion Nizhny Novgorod pada Jumat (22/6/2018) dini hari WIB.

kemenangan ini memastikan langkah Timnas Kroasia akan berlanjut ke babak 16 besar sebagai salah satu perwakilan grup D dengan memuncaki posisi pertama sementara dengan 6poin. Sementara bagi Argentina, kekalahan ini artinya mereka masih bergantung pada hasil pertandingan lain yang akan dilangsungkan nanti dan juga hasil dari pertandingan ketiga di Grup D nantinya.

Jalannya pertandingan

Argentina datang ke pertandingan ini dengan beban yang besar mengingat mereka baru memperoleh satu poin setelah pada pertandingan pertama ditahan imbang oleh Islandia. Sementara lawan mereka Kroasia memperoleh tiga poin setelah berhasil mengalahkan Nigeria di pertandngan sebelumnya

Di awal pertandingan pemain Kroasia terlihat lebih tenang dan bermain sabar, sementara pemain argentina
terkesan terlalu terburu-buru dan kurang rapi dalam membangun serangan. Kroasia nyaris unggul pada menit ke-5, Sepakan Ivan Perisic memaksa kiper Willy Caballero berjibaku menyelamatkan gawangnya dari kebobolan.

Pada menit ke-13, giliran Argentina yang mengancam gawang Kroasia. Maximiliano Meza sebenarnya sudah berada pada posisi bebas saat melepaskan tembakan. Sayangnya, bola hasil sepakan kaki kanannya masih bisa diblok oleh Dejan Lovren dan hanya menghasilkan tendangan sudut.

Pertandingan pun berjalan dengan cukup seimbang dimana kedua tim sama-sama mencoba membongkar pertahanan tim lawannya dengan variasi serangan dari berbagai sisi lapangan permainan. Setengah jam pertandingan berlangsung, Argentina hampir saja bisa unggul. Enzo Perez berhasil mendapatkan bola liar di depan gawang yang kosong, tapi sayangnya tendangannya masih melebar dari gawang Kroasia yang djaga Subasic.

Menit ke-32 ganti Kroasia yang mendapatkan peluang, Brozovic berhasil melepaskan umpan dari sayap kanan dan bola mengarah tepat ke Mandzukic, ia pun menyundul bola yang sayangnya masih melenceng dan belum berhasil merubah kedudukan.

Di penghujung babak pertama Kroasia kembali mendapatkan peluang, Modric yang menyusuri sisi kanan berhasil melepaskan umpan terobosan cantik yang tepat menuju Rebic, sayap Kroasia itu langsung melepaskan tedangan kearah gawang yang sayangnya masih melambung tinggi di atas mistar gawang Kroasia. Pertandingan babak pertama berakhir dengan skor kacamata 0-0.

Pertandingan babak kedua pun dimulai dan tempo pertandingan masih sama seperti babak pertama, kedua tim masih menerapkan pola serangan yang tidak berbeda. Menit ke-52 Aguero mendapatkan peluang ketika ia mendapatkan bola di depan gawang kroasia, sayangnya tendangannya masih mengarah tepat ke kiper Kroasia.

Pada menit yang sama petaka menghampiri Argentina. Rebic memanfaatkan blunder yg dilakukan kiper argentina yang bermaksud mengoper ke Gabriel Mercado dengan melambungkan bola melewati Rebic, tetapi tendangannya terlalu pelan dan masih bisa dijangkau Rebic yang langsung melepaskan tendangan volley yang mengarah ke gawang dan merubah skor menjadi 1-0 untuk Kroasia.

Setelah kejebolan, Argentina langsung meningkatkan intensitas serangannya. Tim asal benua amerika itu lebih
banyak menguasai bola dibanding kroasia. Menit ke-63 argentina hampir saja menyamakan kedudukan, Meza
mendapatkan bola hasil umpan Higuain dan tinggal berhadapan dengan penjaga gawang, tetapi tendangannya masih bisa diblok dengan kaki oleh Daniel Subasic dan hanya menghasilkan tendangan sudut.

Argentina kembali menciptakan peluang pada menit ke-70 lewat Dybala yang mendapatkan bola di sisi kiri
pertahan Kroasia, ia mencoba melepaskan shoot langsung ke arah gawang, tetapi bola tendangannya masih melambung jauh di atas mistar gawang Kroasia.

Kesabaran Kroasia di pertandingan ini terbukti menghasilkan, pada menit ke-80 Kroasia berhasil mencetak gol
kedua di pertandingan ini. Adalah Modric yang berhasil menciptakan gol kedua ini lewat tendangan keras dan
melengkung yang spektakuler dari luar kotak penalti. Gol itu pun merubah Skor sementara menjadi 2-0 untuk
keunggulan Kroasia.

Tiga menit berselang, Kroasia hampir saja mencetak gol ketiga mereka pada pertandingan ini. Rakitic hampir
memperbesar keunggulan Kroasia lewat tendangan bebas, sayangnya bola hasil tendangan bebasnya masih membentur mistar gawang dan hanya menghasilkan tendangan gawang untuk Argentina.

Menjelang berakhirnya waktu normal di babak kedua, pemain argentina Mesa mendapatkan peluang mencetak gol tapi tendangannya masih mengarah tepat ke kiper kroasia.

Di waktu tambahan, Kroasia berhasil menambah penderitaan Argentina dengan menambah gol. Adalah Rakitic yang berhasil mencetak gol mudah dengan memanfaatkan umpan manis dari Kovacic. Wasit pun meniup peluit panjang dan Kroasia akhirnya berhasil memenangkan pertandingan ini dengan skor telak 3-0.

Susunan Pemain
Argentina (3-4-2-1): 23-Willy Caballero; 2-Gabriel Mercado, 17-Nicolas Otamendi, 3-Nicolas Tagliafico; 18-
Eduardo Salvio (22-Cristian Pavon 56), 15-Enzo Perez (21-Paulo Dybala 68), 14-Javier Mascherano, 8-Marcos
Acuna; 13-Maximiliano Meza, 10-Lionel Messi; 19-Sergio Aguero (9-Gonzalo Higuan 56)

Kroasia (4-1-3-1): 23-Danijel Subasic; 2-Sime Vrsaljko, 21-Domagoj Vida, 6-Dejan Lovren, 3-Ivan Strinic; 11-
Marcelo Brozovic, 7-Ivan Rakitic; 18-Ante Rebic (9-Andrej Kramaric 57), 10-Luka Modric, 4-Ivan Perisic (Mateo
Kovacic 82); 17-Mario Mandzukic (5-Vedran Corluka 92)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top