skip to Main Content
Kalahkan Arab Saudi, Uruguay Lolos Ke Babak 16 Besar

Kalahkan Arab Saudi, Uruguay Lolos ke Babak 16 Besar

Timnas Uruguay memastikan diri lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2018 setelah mengalahkan Arab Saudi dengan skor tipis 1-0 di laga kedua Grup A Piala Dunia 2018 yang berlangsung di Rostov Arena, Rusia, Rabu (20/6/2018) malam WIB.

Gol kemenangan Uruguay dicetak oleh Luis Suarez, yang pada pertandingan itu mencatatkan penampilan ke=100 untuk timnas Uruguay, ia juga tercatat telah mencetak 52 gol selama membela timnas Uruguay di kancah internasional.

Jalannya pertandingan

Sejak awal dimulainya pertandingan, Uruguay langsung tampil agresif dan membombardir pertahanan Arab. Pada menit ke-2 Uruguay sudah mendapatkan peluang lewat Suarez yang mendapatkan bola hasil umpan Cristian Rodriguez, tetapi tendangan Suarez masih berhasil diblok oleh bek Arab.

Arab Saudi yang merasa tertekan mencoba untuk membalas agresi dari Uruguay dengan memainkan serangan dari sisi sayap mereka, tetapi serangan yang dibangun masih belum bisa mengancam pertahanan Uruguay yang tampil cukup solid.

Uruguay kembali mendapatkan peluang di menit ke-13, kali ini lewat Cavani yang berhasil mendapatkan bola di depan kotak penalty Arab. Memanfaatkan umpan dari Caceres, Cavani pun mencoba melepaskan tendangan ke arah gawang, sayangnya tendangannya masih melambung tinggi dan belum bisa menghasilkan gol untuk Uruguay.

Setelah terus menekan dan berupaya menembus pertahanan Arab dari berbagai sisi, akhirnya pada menit ke-23 Uruguay berhasil mencetak gol. Adalah Suarez yang berhasil mencetak gol, memanfaatkan kesalahan kiper Mohamed Al-Owais yang mencoba meninju bola dari tendangan sudut tetapi gagal. Bola mengarah tepat ke arah Suarez yang dengan sigap langsung mencocor bola ke dalam gawang Arab dan merubah skor menjadi 1-0 untuk keunggulan Urugay.

Tersentak dengan gol yang dicetak Uruguay, Arab Saudi pun mencoba membalas dan meningkatkan intensitas serangan mereka. Pada menit ke-38 Salem Al Dawsari hampir mencetak gol penyeimbang. Namun, bola hasil tembakan kaki kanannya masih melayang di atas gawang Uruguay.

Di sisa babak pertama, kedua tim masih berusaha untuk saling menyerang guna menciptakan gol. Tetapi masih belum ada peluang yang benar-benar mengancam gawang lawannya. Hingga berakhirnya babak pertama, Uruguay masih tetap unggul dengan skor 1-0.

Di awal babak kedua, Arab yang terancam tidak lolos ke babak selanjutnya jika kalah dipertandingan ini, terus mencoba tampil lebih terbuka dan menyerang guna bisa mencetak gol dan setidaknya meraih satu poin. Akan tetapi lawannya, Uruguay, tidak tinggal diam dan tetap tampil solid di pertandingan ini, mereka pun beberapa kali membalas serangan Arab dengan serangan balik yang cepat dan membahayakan.

Pada menit ke-62 Uruguay mendapatkan peluang lewat Carlos Sanchez, menerima umpan manis yang disodorkan Cavani, Ia melepaskan tendangan keras ke arah gawang Arab yang dijaga Al-Owais. Sayangnya tendangan Sanchez itu masih sedikit melambung di atas mistar gawang Arab.

Menjelang 10 menit terakhir, Lucas Toreira mendapat peluang untuk Uruguay. Setelah mendapatkan posisi yang cukup bagus, ia melepaskan tembakan ke arah gawang. Bola tersebut sempat mengenai Cavani dan berubah arah, tetapi sayangnya arah bola masih melenceng dari gawang dan belum berhasil menjadi gol.

Sampai wasit meniupkan peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, tidak ada lagi gol yang tercipta. Uruguay pun berhasil mempertahankan kemenangan sekaligus tiga poin di pertandingan kali ini.

Berkat kemenangan ini, Uruguay memastikan diri lolos ke babak 16 besar. Mereka lolos bersama dengan tuan rumah Rusia yang sama-sama mengemas 6 poin dari dua laga yang telah dilakoni. Sementara akibat kekalahannya, Arab Saudi harus menutup peluangnya untuk lolos ke babak 16 besar, mereka senasib dengan Mesir juga dikalahkan Portugal kemarin.

Pada pertandingan terakhir di grup A ini, Uruguay akan menghadapi Rusia untuk memperebutkan status juara grup. Sedangkan Arab Saudi akan melakoni laga yang sebenarnya sudah tidak menentukan kontra Mesir pada 25 Juni mendatang.

Susunan pemain

Uruguay (4-4-2): 1-Fernando Muslera; 4-Guillermo Varela, 2-Jose Maria Gimenez, 3-Diego Godin, 22-Martin Caceres; 5-Carlos Sanchez (8-Nahitan Nandez 82′), 15-Matias Vecino (14-Lucas Torreira 59′), 6-Rodrigo Bentancur, 7-Cristian Rodriguez (17-Diego Laxalt 59′); 9-Luis Suarez, 21-Edinson Cavani

Pelatih: Oscar Tabarez (Uruguay)

Arab Saudi (4-5-1): 22-Mohammed Alowais; 6-Mohammed Alburayk, 3-Osama Hawsawi, 4-Ali Albulayhi, 13-Yasser Alshahrani; 18-Salem Aldawsari, 14-Abdullah Otayf, 7-Salman Alfaraj, 17-Taiseer Aljassam (16-Hussain Al-Mogahwi 44′), 9-Hatan Bahbri (12-Mohamed Kanno 75′); 19-Fahad Almuwallad¬†(10-Mohammed Al-Sahlawi 79′)

Pelatih: Juan Antonio Pizzi (Argentina)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top