skip to Main Content
Kalah Dari Chelsea, Manchester City Telan Kekalahan Pertama Di Liga Inggris Musim Ini

Kalah Dari Chelsea, Manchester City Telan Kekalahan Pertama Di Liga Inggris Musim Ini

Chelsea berhasil mengalahkan Manchester City pada Big Match pekan ke-16 Liga Inggris musim 2018-2019 yang berlangsung di Stamford Bridge, Minggu (9/12) dini hari WIB. Chelsea berhasil memenangkan pertandingan sengit tersebut dengan skor akhir 2-0.

Ini menjadi kekalahan pertama Manchester City di Liga Inggris 2018/2019. Pada 15 pertandingan sebelumnya City meraih 13 kemenangan dan dua kali imbang. Sementara Chelsea mampu bangkit dari kekalahan di tangan Wolves pada pertengahan pekan ini dengan menaklukkan City, yang sebelumnya tidak terkalahkan di ajang liga.

Pertandingan berlangsung sengit sejak menit-menit awal pertandingan, kedua tim tampil menyerang dan berusaha mencetak gol sejak awal. Akan tetapi, City terlihat lebih dominan dan beberapa kali mampu menusuk ke sepertiga pertahanan Chelsea. City membuka peluang pada menit ke-9 ketika tendangan Raheem Sterling dari jarak dekat mampu diatasi dengan baik oleh kiper Chelsea Kepa Arrizabalaga.

Hingga menit 20, Man City benar-benar mampu mengungguli Chelsea dari sisi penguasaan bola. Berbagai peluang diciptakan skuad asuhan Pep Guardiola tersebut. Sementara Chelsea, masih agak sulit untuk menembus pertahanan Man City dan tak banyak mendapatkan peluang berarti.

Chelsea tampil solid di pertahanan, meski tim tamu kerap menyerang. Leroy Sane memberikan City peluang lagi pada menit ke-33 ketika ia mampu melewati Kepa, namun tembakannya kemudian masih membentur barisan pertahanan Chelsea.

Petaka justru terjadi kepada Man City, kala Chelsea yang tampil tertekan justru mampu memecah kebuntuan pada menit 45. N’Golo Kante berhasil membawa Chelsea unggul dengan skor 1-0 setelah meneruskan umpan Eden Hazard dan mengoyak gawang Man City. Keunggulan ini bertahan hingga turun minum.

Di awal babak kedua City masih tak mampu menciptakan peluang matang di muka gawang Chelsea. Ini membuat Guardiola melakukan perubahan taktik dengan memasukkan Gabriel Jesus dan menarik Sane.

Chelsea  mendapat peluang berarti pada menit 49 melalui tembakan Willian. Sayang tendangan kerasnya masih mampu diantisipasi oleh Ederson. Beberapa menit kemudian, Willian yang lagi-lagi memiliki peluang, gagal memanfaatkannya menjadi gol setelah tembakannya hanya meluncur lemah dan mampu diantisipasi dengan baik oleh Ederson.

Ketika babak kedua sudah memasuki menit ke-57, City mendapat peluang untuk menyamakan skor lewat tendangan bebas setelah Hazard melakukan handball dari jarak 18 yard dengan kotak penalti, namun eksekusi Kyle Walker mampu diblok Kepa.

Dua belas menit jelang bubaran, Chelsea berhasil memperbesar skor menjadi 2-0. Berawal dari tendangan sudut yang dieksekusi Hazard, Sepak pojok Hazard disambut sundulan terarah David Luiz yang tidak bisa diantisipasi Ederson. Chelsea unggul 2-0.

Sundulan kepala Ross Barkley setelah meneruskan umpan crossing Pedro pada menit ke-86 nyaris menjadi gol ketiga Chelsea, namun tidak memenuhi target. Di masa injury time, Kepa sempat melakukan kesalahan, yang berujung dengan sepakan Gabriel Jesus dari dalam kotak penalti, namun bisa diblok sang kiper.

Sampai wasit meniupkan peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, tidak ada lagi gol yang tercipta dan Chelsea berhasil menang dengan skor akhir 2-0. Kekalahan ini membuat City kehilangan puncak klasemen, yang kini dipunya Liverpool usai mengandaskan Bournemouth beberapa jam lalu. Sementara Chelsea kini bertengger di posisi tiga klasemen Liga Inggris dengan poin 34.

Susunan pemain

Chelsea (4-3-3): 1-Kepa Arrizabalaga; 28-César Azpilicueta, 2-Antonio Rüdiger, 30-David Luiz, 3-Marcos Alonso; 7-N’Golo Kanté, 5-Jorginho, 17-Mateo Kovacic (8-Ross Barkley 65′); 11-Pedro, 10-Eden Hazard (18-Olivier Giroud 90′), 22-Willian (12-Ruben Loftus Cheek 75′)

Manajer: Maurizio Sarri

Manchester City (4-3-3): 31-Ederson; 2-Kyle Walker, 5-John Stones, 14-Aymeric Laporte, 18-Fabian Delph; 20-Bernardo Silva, 25-Fernandinho, 21-David Silva (8-Ilkay Gündogan 68′); 26-Riyad Mahrez (47-Phil Foden 84′), 7-Raheem Sterling, 19-Leroy Sané (33-Gabriel Jesus 53′)

Manajer: Pep Guardiola

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top