skip to Main Content
Jose Pekerman Mengundurkan Diri Dari Pelatih Timnas Kolombia

Jose Pekerman mengundurkan diri dari pelatih timnas Kolombia

Timnas Kolombia kini tidak memiliki pelatih. Menyusul pengunduran diri Jose Pekerman hanya dua bulan setelah memimpin Kolombia di Piala Dunia 2018.

“Kami di FCF ( Federasi Sepakbola Kolombia ) bangga pernah mengandalkan pelatih, yang meloloskan kami ke Piala Dunia 2014 di Brasil dan Rusia di 2018.”

Pekerman, 69 tahun, ditunjuk sebagai pelatih Kolombia pada Januari 2012. Ketika itu, Kolombia dalam periode buruk di mana sebelumnya gagal lolos ke Piala Dunia sejak 1998.

Pekerman menjadi pelatih Los Cafeteros ketiga dalam lima bulan usai Hernan Dario Gomez mundur pada Agustus 2011 dan suksesornya Leonel Alvarez hanya bertahan sampai Desember di tahun yang sama.

Kehadiran Pekerman langsung berdampak positif bagi Kolombia. Pelatih asal Argentina itu membawa Kolombia duduk di posisi kedua kualifikasi Piala Dunia 2014 zona CONMEBOL, yang artinya lolos ke putaran final di Brasil.

Di turnamen itu, James Rodriguez cs sukses melaju hingga perempatfinal, posisi terbaik dalam sejarah. Selain itu Pekerman juga berhasil membawa Kolombia finis ketiga di Copa America centenario 2016, pencapaian terbaik sejak juara pada 2001.

Turnamen di Rusia menjadi terakhir kalinya Pekerman menangani Kolombia, yang tersingkir di babak 16 besar. Pekerman kini resmi menyudahi tujuh tahun kerjasama itu.

“Saya akan selalu memantau Kolombia, tidak hanya di dalam sepakbola tapi juga sebagai negara, sebagai bangsa. Saya akan selalu menjadi bagian dari negara ini dan saya harap kesuksesan berlanjut,” ucap Pekerman dilansir FourFourTwo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top