skip to Main Content
Jepang Meskipun Dikalahkan Polandia, Tetap Lolos Ke 16 Besar Piala Dunia 2018

Jepang Meskipun Dikalahkan Polandia, Tetap Lolos ke 16 Besar Piala Dunia 2018

Jepang Melawan Polandia di Volgograd Arena berakhir 0-1 lewat gol Jan Bednarek di babak kedua. Meskipun kalah dari Polandia tetap lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2018 berkat poin fairplay.

Posisi Jepang lebih baik setelah unggul poin fairplay atas Senegal, Jepang punya empat kartu kuning, lebih sedikit dari Senegal yang punya enam kartu kuning. Jepang berhak melaju sebagai runner-up dari Grup H dengan empat poin,dua poin di belakang Kolombia..

Jumlah poin, selisih gol, dan produktivitas gol Jepang sebetulnya sama dengan Senegal yang ada di posisi ketiga setelah kalah dari Kolombia di saat bersamaan. Hanya kartu kuning yang menjadi pembeda kedua tim tersebut.

Pertandingan yang ditentukan lewat catatan fairplay ini menjadi pertama kali di Piala Dunia bahwa lolos dan eliminasi. Maka Jepang jadi tim yang pertama lolos karena aturan tersebut, sementara Senegal juga jadi tim yang pertama tersingkir karenanya.

Jalannya Pertandingan

Pada babak pertama Jepang pegang kendali permainan atas Polandia dengan pressing-pressing dan umpan-umpan panjang langsung ke wilayah sepertiga akhir.

Shinji Okazaki mendapatkan peluang di menit ke-12 dan mencoba lewat sundulan tetapi bola melebar dari gawang Lukasz Fabianski. Dimenit kemudian Jepang mengancam Polandia lewat tendangan Yoshinori Muto dari luar kotak penalti yang arahnya mampu ditepis Kiper Polandia.

Jepang terus menekan Polandia pada menit ke-17 Jepang mengarahkan tembakan ke gawang lewat Gotoku Sakai menusuk ke tengah, menerima sodoran Takashi Usami dan melepaskan tembakan kaki kiri tetapi tendangan sangat lemah dan bisa ditangkap Fabrianski.

Serangan balik Jepang berhasil menciptakan kemelut dimuka gawang lewat Usami yang menembus sisi kiri pertahanan Polandia dan umpan silang. Namun bola diamankan Fabianski dengan cepat.

Dibabak kedua menit ke-53 Polandia mendapat peluang dari serangan balik, Robert Lewandowski bebas dari kawalan kala mengejar umpan diagonal Piotr Zielinski, tapi ada Kawashima yang bergegas meninggalkan gawangnya dan menangkap bola.

Bednarek buat Jepang dalam situasi gagal ke 16 besar saat sukses menyambar tendangan bebas Kurzawa, dan bola meluncur kegawang tampa bisa dihalau Kawashima.

Jepang berusaha membuat skor imbang, pada menit ke-72 Maya Yoshida menyundul bola yang meneruskan sepak pojok Shibasaki tapi bola melebar ke kanan gawang.

Lewandowski mendapat peluang emas menyambut umpan silang Grosicki dan nyaris memperbesar keunggulan di menit ke-74, hanya tembakannya sedikit melambung di atas gawang Jepang. Skor 1-0 tidak berubah sampai peluit panjang berbunyi.

Susunan Pemain:

Jepang: Kawashima; H.Sakai, Yoshida, Makino, Nagatomo; G.Sakai, Shibasaki; Yamaguchi, Usami (Inui 65′); Okazaki (Osako 47′); Muto (Hasebe 82′).

Polandia: Fabianski; Glik, Bednarek, Bereszynski; Kurzawa (Peszko 79′), Goralski, Krychowiak, Jedrzejczyk; Zielinski (Teodorczyk 79′), Grosicki, Lewandowski.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top