skip to Main Content
Jepang 4-2 Paraguay, Kagawa Dan Inui Bersinar

Jepang 4-2 Paraguay, Kagawa dan Inui Bersinar

Jepang akhirnya meraih hasil positif jelang Piala Dunia 2018 yang akan segera digelar dengan memenangkan pertandingan persahabatan melawan Paraguay di Austria pada Selasa (12/6/2018) dengan skor akhir 4-2.

Pemain Dortmund Shinji Kagawa dan pemain Real Betis Takashi Inui menjadi kunci kemenangan tim asal negeri sakura tersebut. Inui berhasil mencetak dua gol, sementara Kagawa mencetak satu gol serta dua assist.

Pelatih Jepang Akira Nishino mencoba untuk menampilkan line-up yang berbeda dari yang diturunkan pada beberapa pertandingan persahabatan sebelumnya. Ia menempatkan Shinji Okazaki di depan bersama kagawa dan Inui yang berada sedikit dibelakangnya.

Pertandingan berlangsung dengan tempo yang sedang-sedang saja di awal pertandingan, kedua tim saling membaca pola permainan dan mencoba mencari celah di tim lawannya. Pada menit ke-32 Oscar Romero berhasil mencetak gol dan membuat Paraguay unggul sementara, ia berhasil memanfaatkan umpan dari Antonio Bareiro dan melepaskan tendangan ke arah kiri Higashiguchi, yang gagal mengantisipasinya.

Jepang yang tertinggal berusaha untuk meningkatkan instensitas serangan guna menciptakan gol penyeimbang, tetapi pertahanan Paraguay masih cukup solid dan belum bisa ditembus. Sampai turun minum skor tetap 1-0 untuk keunggulan Paraguay.

Di babak kedua Jepang yang seakan mendapatkan arahan dari pelatih mereka, menampilkan pola serangan yang lebih cepat dan terarah. Terbukti pada menit ke-51 Inui berhasil mencetak gol penyeimbang dengan tendangan keras ke arah kiri gawang Alfredo Aguillar, memanfaatkan umpan terukur dari Kagawa.

Hanya sebelas menit setelah gol penyeimbang tadi, Inui kembali mencetak gol sekaligus membalikkan kedudukan menjadi 2-1 untuk keunggulan Jepang. Gol yang dicetak Inui masih dengan skema yang sama yakni berawal dari assist Kagawa yang berhasil ia teruskan menjadi gol.

Seakan terkejut atas gol balasan yang berhasil dibuat Jepang, Paraguay mencoba untuk membalas serangan-serangan lawannya. Malangnya Paraguay malah harus kemasukan gol lagi setelah pada menit ke-77 Federico Santander membuat gol bunuh diri dan memperbesar keunggulan Jepang menjadi 3-1.

Paraguay sempat memperkecil skor menjadi 3-2 lewat gol yang dicetak Richard Ortiz pada menit ke-90. Namun hanya berselang 2 menit, tepatnya di masa injury time Kagawa berhasil melengkapi kemenangan Jepang dengan mencetak gol yang membuat kedudukan berubah menjadi 4-2.

Pertandingan berakhir dengan skor 4-2 untuk kemenangan Jepang. Hasil ini merupakan angin segar bagi tim itu mengingat pada dua laga sebelumnya, saat melawan Swiss dan Ghana, mereka mengalami kekalahan.

Jepang akan mengawali pertandingan Piala Dunia di grup H melawan Kolombia pada 19 JUni nanti, disusul dengan pertandingan melawan Senegal dan Polandia.

Susunan Pemain

Jepang (4-2-3-1): Higashiguchi (Nakamura 46′); G Sakai, Endo (H Sakai 46′), Ueda, Shoji; Muto (Osako 64′), Shibasaki; Kagawa, Okazaki (Haraguchi 74′), Yamaguchi; Inui (Usami 79′)

Paraguay (4-4-2): Villar (Aguilar 12′); Benitez, Gomez (Valdez 56′), Balbuena, Alonso; O Romero (Sanabria 65′), Ortiz, Cardozo (Angel Romero), Sanchez (Mendieta 79′); Bareiro (A Romero), Santander

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top