skip to Main Content
Hasil Liga Inggris: Kalahkan Manchester United, Liverpool Kembali Ke Puncak Klasemen

Hasil Liga Inggris: Kalahkan Manchester United, Liverpool kembali ke puncak klasemen

Liverpool berhasil meraih tiga poin saat menjamu Manchester United pada laga lanjutan Liga Inggris 2018-2019 di Anfield Stadium, Minggu (15/12/2018), pukul 23.00 WIB. Liverpool menutup laga dengan kemenangan 3-1 dan berhasil kembali menduduki posisi teratas di klasemen sementara.

Liverpool tampil dengan kekuatan terbaik. Lini depan masih ditempati trio Mohamed Salah, Roberto Firmino, dan Sadio Mane. Sementara itu, Manchester United bermain dengan skema 5-4-1. Matteo Darmian diperbantukan sebagai bek tengah bersama Eric Bailly dan Victor Lindelof.

Bermain sebagai tuan rumah, Liverpool langsung tampil menekan sejak menit awal pertandingan dan tak memberikan kesempatan untuk MU mengembangkan permainan. Di menit kedua, Liverpool mendapat peluang lewat Roberto Firmino yang membentur bek MU dan berujung korner.

Akan tetapi, Man United justru bisa mengejutkan Liverpool saat Romelu Lukaku mencetak gol di menit keempat. Kendati demikian, gol itu harus dianulir wasit karena pemain asal Belgia itu sudah berada dalam posisi offside.

Selepas gol yang dianulir itu, Liverpool mampu menguasai jalannya pertandingan dengan lebih banyak melancarkan serangan ke pertahanan Man United. Alhasil, arah permainan pun mulai berubah di mana Man United kini lebih banyak bertahan dari serangan-serangan Liverpool.

Gol yang ditunggu-tunggu akhirnya datang juga pada menit ke-24 ketika umpan lambung Fabinho ke kotak penalti MU disambut Sadio Mane yang berdiri bebas dan tanpa kesulitan menceploskan bola ke gawang De Gea dari jarak dekat. Liverpool unggul 1-0.

Meski tertekan dan ketinggalan satu gol, MU tetap tenang dan sesekali melakukan tekanan dengan skema serangan balik cepat. Hal tersebut pun membuahkan hasil pada menit ke-33 setelah Alisson Becker membuat kesalahan saat mengantisipasi crossing Lukaku dari sisi kiri. Bola terlepas dan disambar Jesse Lingard untuk menjebol gawang tuan rumah. skor sama kuat 1-1 bertahan hingga turun minum.

Pada awal babak kedua, permainan hampir sama seperti 45 menit awal pertandingan. Liverpool masih terus menguasai pertandingan, sementara Manchester United hanya mengandalkan serangan balik.

Penampilan United sebetulnya tampak lebih baik di babak kedua, dengan beberapa kali membuat penetrasi serangan berbahaya. Namun, masuknya Xherdan Shaqiri di menit ke-70 mengubah keadaan. Pada menit ke 73, berawal dari pergerakan Mane yang menusuk  dari sisi kiri dan dia mengirimkan umpan tarik yang sempat membentur bek MU sebelum jatuh di kaki Shaqiri. Sepakannya pelan tapi berubah arah setelah membentur Young dan bersarang di pojok atas gawang De Gea. Liverpool unggul 2-1.

Shaqiri kembali mencatatkan namanya di papan skor tujuh menit berselang. Pemain asal Swiss itu benar-benar jadi momok bagi De Gea di pertandingan itu, karena sepakan kerasnya dari luar kotak penalti kembali menghujam gawang Man United.

Sampai wasit meniupkan peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, tidak ada lagi gol yang tercipta dan Liverpool berhasil memenangkan pertandingan ini dengan skor akhir 3-1. Kemenangan ini membawa Liverpool kembali naik ke puncak klasemen sementara Premier League dengan raihan 45 poin. Sementara itu, Manchester United tetap berada di urutan keenam dengan raihan 26 poin.

Susunan pemain

Liverpool: 13-Alisson; 2-Nathaniel Clyne, 6-Dejan Lovren, 4-Virgil van Dijk, 26-Andrew Robertson; 5-Georginio Wijnaldum, 3-Fabinho, 8-Naby Keita (23-Xherdan Shaqiri 70); 11-Mohamed Salah, 9-Roberto Firmino, 10-Sadio Mane (14-Jordan Henderson 84)

Manajer: Jurgen Klopp

Manchester United: 1-David de Gea; 20-Diodo Dalot (27-Marouane Fellaini 46), 36-Matteo Darmian, 3-Eric Bailly, 2-Victor Lindelof, 18-Ashley Young; 21-Ander Herrera (11-Anthony Martial 79), 31-Nemanja Matic; 14-Jesse Lingard (8-Juan Mata 85), 10-Marcus Rashford; 9-Romelu Lukaku

Manajer: Jose Mourinho

Wasit: Martin Atkinson

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top