skip to Main Content
Hasil UEFA Nations League: Kroasia Berhasil Mengalahkan Spanyol Secara Dramatis

Hasil UEFA Nations League: Kroasia Berhasil Mengalahkan Spanyol Secara Dramatis

Kroasia berhasil meraih hasil gemilang saat menghadapi Spanyol di ajang UEFA Nations League A. Mereka menutup pertandingan dengan kemenangan dramatis 3-2 yang ditentukan lewat gol di masa injury time babak kedua.

Bertanding di kandang sendiri yaitu Stadion Maksimir, Jumat (16/11/2018) dinihari WIB, pertandingan berlangsung dengan menarik dan cukup seimbang. Seluruh gol di pertandingan ini tercipta di babak kedua. Gol-gol Kroasia dicetak Andrej Kramaric, dan dua gol Tin Jedvaj. Sementara itu, Spanyol mencetak dua golnya dari Dani Ceballos dan penalti Sergio Ramos.

Bertanding dengan status sebagai tuan rumah, Kroasia langsung menekan sejak menit awal pertandingan. Pada menit ke-6 David de Gea dipaksa melakukan penyelamatan kala menghentikan aksi Ivan Perisic yang melakukan tusukan dengan bekal kecepatannya.

Spanyol pun mencoba untuk membalas dengan meningkatkan intensitas serangannya, akan tetapi rapatnya pertahanan Kroasia membuat belum ada peluang membahayakan yang terjadi di setengah jam permainan. Spanyol baru mendapatkan peluang pada menit ke-43 lewat Saul Niguez. Namun, gol tidak tercipta sehingga sampai turun minum skor tetap bertahan 0-0.

Babak kedua berlangsung dengan tempo yang lebih cepat dan kedua tim makin kreatif dalam membangun serangan mereka. Kroasia berhasil membuka keunggulan pada menit ke-54, Ivan Perisic berhasil memperdaya De Gea setelah mendapatkan umpan akurat dari Andre Kramaric. Kroasia pun unggul 1-0.

Keunggulan tersebut hanya bertahan dua menit ketika Dani Ceballos mampu mencetak gol dan mengubah skor menjadi 1-1. Gol bermula dari kerjasama Iago Aspas dengan Isco, diakhiri dengan umpan mendatar yang disambar Dani Ceballos dari dalam kotak penalti.

Spanyol nyaris menambah keunggulannya enam menit kemudian. Umpan silang Sergi Roberto kepada Isco ditepis Lovre Kalinic. Bola jatuh di jalur Aspas yang diteruskan dengan tembakan dari kotak enam yard, tapi membentur mistar gawang.

Laga semakin menarik ketika Kroasia kembali memimpin pada menit ke-59. Sebuah umpan mematikan dari Luka Modric berhasil menjangkau pergerakan Tin Jedvaj, bek tengah tersebut langsung menyundul bola dan mencetak gol internasional pertamanya.

Spanyol tidak menyerah begitu saja dan terus membangun serangan guna mencetak gol penyeimbang. Spanyol pun berhasil mencetak gol pada menit ke-78 lewat eksekusi penalti. Wasit menunjuk titik putih setelah Sime Vrsaljko dinilai melakukan hand ball. Sergio Ramos maju sebagai eksekutor berhasil mengirim Kalinic jatuh ke arah yang salah. Skor kini 2-2 di menit ke-78.

Kroasia membuang peluang emas di lima menit terakhir waktu normal. Kramaric melakukan sprint di separu lapangan Kroasia untuk menciptakan situasi tiga lawan tiga. Dengan situasi ditempel tiga bek Spanyol, Kramaric memilih untuk melakukan penyelesaian sendiri tapi tembakannya diblok.

Gol kemenangan Timnas Kroasia hadir pada penghujung pertandingan. Jedvaj membukukan gol keduanya pada menit ketiga injury time. De Gea sempat menggagalkan usaha Josip Brekalo, tapi Jedvaj muncul menyambar bola pantulan dan sukses menjadi pahlawan kemenangan. Wasit pun meniup peluit panjang dan Kroasia berhasil memenangkan pertandingan ini dengan skor akhir 3-2.

Hasil ini tidak merubah posisi Spanyol di puncak klasemen grup, dengan perolehan enam poin dari empat laga. Kroasia membuka peluang untuk lolos dengan raihan empat poin, sama dengan Inggris di urutan kedua. Hal ini berarti apabila Kroasia berhasil mengalahkan Inggris pada pertandingan selanjutnya, mereka akan berhasil bertahan di UEFA Nations League.

Susunan Pemain

KROASIA: Kalinic, Vida, Lovren, Versjalko, Jedvaj, Modric, Rakitic (Vlasic 68′), Perisic, Brozovic, Kramaric (Pjanic 90′), Rebic (Brekalo 74′)

SPANYOL: De Gea, Sergio Ramos, Jordi Alba, Sergi Roberto, Inigo Martinez, Busquets, Isco, Saul (Suso 74′), Ceballos, Aspas (Morata 64′), Rodrigo (Asensio 61′)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top