skip to Main Content
Hasil Pertandingan UEFA Nations League: Belanda Berhasil Kalahkan Jerman

Hasil Pertandingan UEFA Nations League: Belanda Berhasil Kalahkan Jerman

Timnas Belanda berhasil meraih kemenangan saat menjamu Timnas Jerman di laga lanjutan Liga A Grup 1 UEFA Nations League 2018, di Johan Cruijff Arena, Sabtu (13/10/2018) atau Minggu (14/10/2018) dini hari WIB. Belanda berhasil menang dengan skor meyakinkan 3-0.

Pada laga kedua Liga 1 Grup A tersebut, Belanda tidak tampil dengan kekuatan terbaiknya. Di lini serang, Steven Bergwijn, Ryan Babel, dan Memphis Depay dipasang. Sementara, Jerman memainkan formasi terbaiknya dengan trio Thomas Mueller, Timo Werner, dan Mark Uth dipasang di lini depan ditopang Toni Kroos, Emre Can, dan Joshua Kimmich.

Bermain di hadapan publik sendiri, tim asuhan Ronald Koeman itu langsung mengempur lini pertahanan Jerman dari menit pertama laga dimulai. Jerman pun tidak membiarkan begitu saja, mereka bermain agresif dan berhasil menciptakan beberapa peluang di awal laga, seerti pada menit ke-19, dimana Jerman mendapatkan peluang untuk mencetak gol. Butuh penyelamatan gemilang Jasper Cillessen saat membendung bola sepakan Mueller yang berada dalam posisi one-on-one di kotak penalti.

Belanda yang berada dalam tekanan justru berhasil unggul 1-0 berkat gol sundulan Virgil van Dijk pada menit ke-30. Gol itu berawal dari eksekusi sepakan sudut, bola disambut tandukan Ryan Babel yang bisa ditepis Manuel Neuer. Tapi, rebound dengan cepat disambar Virgil van Dijk untuk mengubah skor jadi 1-0.

Bergwijn nyaris menggandakan skor di menit ke-36 andaikan dia lebih tenang memaksimalkan umpan Frenkie De Jong. Bola tendangannya dari jarak 25 yard masih melambung tinggi di atas mistar gawang. Mueller membuang kesempatan menyamakan skor pada menit ke-38 ketika Mueller yang berada tepat di muka gawang malah mengarahkan bola ke sisi gawang Cillessen. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Jerman yang tertinggal 0-1 berusaha mengubah keadaan dengan memasukkan Leroy Sane dan Julien Draxler untuk mempertajam lini serang menggantikan Can serta Mueller. Masuknya Sane mampu membuat permainan Jerman lebih menggigit dan dia nyaris bikin assist andaikan tembakan Draxler tak dihalau Van Dijk.

Sane gagal memanfaatkan peluang emas saat dia berada bebas untuk bikin gol usai menerima umpan Kimmich di menit ke-65. Usai lepas dari kawalan Martin De Roon, Sane melepaskan sepakan yang sayangnya masih melebar tipis di samping tiang gawang dan belum bisa merubah skor.

Empat menit jelang laga usai, Belanda memperbesar skor menjadi 2-0. Berawal dari serangan balik cepat, umpan mendatar Quincy Promes dari sisi kanan tidak disia-siakan Depay untuk menggetarkan gawang Neuer.

Tak lama berselang, tepatnya tujuh menit setelahnya, Belanda kembali memperlebar jarak. Kali ini giliran Wijnaldum yang mencatatkan namanya di papan skor. Mendapatkan  umpan dari Daley Blind, Wijnaldum melewati beberapa bek dan diakhiri dengan sepakan terukur ke pojok gawang yang tidak mampu dijangkau Neuer dan kembali menggetarkan jala gawang Jerman. Belanda pun berhasil menang dengan skor akhir 3-0.

Dengan kemenangan itu, Belanda kini berada di urutan kedua Grup 1 UEFA Nations Leagues A dengan perolehan tiga poin, selisih satu angka dari Prancis di posisi teratas. Sementara itu, Der Panzer –julukan Jerman– yang kalah harus rela menjadi juru kunci dengan raihan satu poin saja.

Susunan pemain

Belanda (4-3-3): 1-Jasper Cillessen; 2-Denzel Dumfries, 3-Matthijs de Ligt, 4-Virgil van Dijk, 5-Daley Blind; 6-Marten de Roon, 7-Frenkie De Jong (15-Nathan Ake 77′), 8-Georginio Wijnaldum; 9-Steven Bergwijn (20-Quincy Promes 68′), 10-Memphis Depay, 11-Ryan Babel (20-Arnaut Groeneveld 68′) Pelatih: Ronald Koeman

Jerman (4-3-3): 1-Manuel Neuer; 4-Matthias Ginter, 17-Jérôme Boateng, 5-Mats Hummels, 3-Jonas Hector; 11-Emre Can (7-Julian Draxler 57′), 18-Joshua Kimmich, 8-Toni Kroos; 13-Thomas Müller (19-Leroy Sane 57), 23-Mark Uth (10-Julian Brandt 68), 9-Timo Werner

Pelatih: Joachim Low

Wasit: Cuneyt Cakir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top