skip to Main Content
Hasil Pertandingan: Inggris 2-1 Nigeria, Harry Kane Tampil Apik

Hasil Pertandingan: Inggris 2-1 Nigeria, Harry Kane Tampil Apik

LONDON – Timnas Inggris mampu meraih hasil positif ketika tampil dalam pertandingan pemanasan jelang gelaran Piala Dunia 2018 Rusia. Mereka menang tipis 2-1 atas Nigeria dalam uji coba internasional di Wembley, Sabtu (2/6) malam WIB.

Dua gol timnas Inggris tercipta pada babak pertama melalui Gary Cahill (menit ke-7) dan Harry Kane (39′). Gol balasan Nigeria dibukukan Alex Iwobi (47′).

Kemenangan ini membuat Inggris menjaga rekor tak pernah kalah dari Nigeria dalam tiga pertemuan. Sebelumnya, timnas Inggris pernah menang 1-0 atas Nigeria dalam laga uji coba pada November 1994 dan bermain imbang 0-0 pada fase grup Piala Dunia 2002.

Tampil di depan pendukungnya sendiri di Wembley Stadium, Inggris memang tampil menekan sejak menit awal. Bahkan mereka hanya butuh tujuh menit untuk bisa unggul lebih dahulu atas Nigeria.

Berawal dari tendangan penjuru, skema bola mati tersebut yang dieksekusi oleh Kieran Tripper berbuah gol pembuka timnas Inggris. Gary Cahill sukses menanduk bola ke pojok kiri atas gawang Nigeria yang tidak mampu dijangkau bek Nigeria.

Di sepanjang babak pertama, tuan rumah terlihat punya kelas yang berbeda ketimbang Nigeria. Hanya saja, Southgate dan pasukannya kurang tenang ketika mendapat peluang, di samping juga karena kegemilangan kiper Francis Uzoho. Serangan bertubi-tubi yang dibangun Sterling, Ashley Young, dan Dele Alli berulang kali merepotkan tim tamu.

Hasrat Inggris untuk bisa mencetak gol kedua mereka di pertandingan ini akhirnya terealisasikan pada menit 39. Adalah Harry Kane yang berhasil mencatatkan namanya di papan skor setelah tembakannya tak mampu diamankan oleh Francis Uzoho.

Ketika babak pertama menyisahkan dua menit lagi, Nigeria hampir bisa memperkecil kedudukan via aksi dari Odion Ighalo. Namun tembakan mantan pemain Watford itu masih mampu diantisipasi dengan baik oleh Jordan Pickford. Skor 2-0 untuk keunggulan timnas Inggris pun bertahan hingga jeda.

Tertinggal dua gol, Nigeria mencoba bangkit di babak kedua. Setelah di babak pertama hanya bergantung pada Victor Moses dan Alex Iwobi, Nigeria mencoba bermain lebih kolektif di paruh kedua. Masuknya empat pemain baru saat half-time menghadirkan penyegaran.

Tanpa buang-buang waktu, The Super Eagles memperkecil skor di menit ke-47. Bola pantul hasil tembakan Odion Ighalo yang mengenai mistar berhasil disambar oleh Iwobi untuk menaklukkan Jordan Pickford.

Mampu memperkecil kedudukan, membuat kepercayaan diri para pemain Nigeria membaik untuk bisa menyudahi laga ini dengan hasil imbang. Sejumlah serangan pun dilancarkan oleh para pemain Nigeria. Tapi sejumlah kesempatan emas masih gagal dimanfaatkan Nigeria untuk kembali mencetak gol.

The Three Lions kembali mendominasi pertandingan. Sejumlah peluang didapatkan, seperti tandukan bebas Eric Dier yang masih melenceng, namun tidak sebanyak seperti di paruh pertama. Inggris terlihat sudah nyaman dengan keunggulan 2-1 sehingga mereka tidak terlalu ngotot menambah gol.

Kedudukan 2-1 bertahan hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan. Hasil positif ini tentunya menjadi angin segar bagi tim yang berambisi untuk mengulangi sejarah untuk menjadi Juara Piala Dunia.

Susunan Pemain

Inggris: 1-Jordan Pickford, 2-Kieran Trippier, 3-Ashley Young (12-Danny Rose 68′), 4-Kyle Walker, 5-John Stones, 6-Gary Cahill, 7-Jesse Lingard (17-Ruben Loftus-Cheek 67′), 8-Eric Dier, 11-Dele Alli (15-Fabian Delph 82′), 10-Raheem Sterling (20-Marcus Rashford 73′), 9-Harry Kane (21-Danny Welbeck 73′)

Pelatih: Gareth Southgate

Nigeria: 23-Francis Uzoho, 6-Leon Balogun (4-Kenneth Omeruo 46′), 5-William Troost-Ekong, 12-Abdullahi Shehu (21-Tyronne Ebuehi 46′), 2-Brian Idowu, 15-Joel Obi (19-John Ogu 46′), 17-Ogenyi Onazi (8-Oghenekaro Etebo 46′), 10-John Obi Mikel, 18-Alex Iwobi, 11-Victor Moses (7-Ahmed Muda 63′), 9-Odion Ighalo (14-Kelechi Iheanacho 77′)

Pelatih: Gernot Rohr

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top