skip to Main Content
Hasil Final Liga Europa: Olympique Marseille 0-3 Atletico Madrid

Hasil Final Liga Europa: Olympique Marseille 0-3 Atletico Madrid

LyonAtletico Madrid berhasil menjadi juara Liga Europa musim 2017/18 setelah meraih kemenangan 3-0 atas Olympique Marseille dalam laga final yang diselenggarakan di Parc Olympique Lyonnais, Kamis (17/5) dini hari WIB.

Bagi Atletico, ini adalah keberhasilan ketiga sejak menjadi juara pada 2010 dan 2012. Dua gelar terakhir Liga Europa Atletico tersebut dipersembahkan oleh pelatih Diego Simeone.

Tanpa Diego Simeone yang harus menjalani larangan mendampingi tim, Atletico memulai laga dengan kurang baik dan lebih banyak mendapat tekanan dari Marseille yang turun dengan kekuatan penuh termasuk Dimitri Payet yang awalnya diragukan.

Marseille mendapatkan kesempatan emas pada menit ke-4 ketika umpan terobosan Dimitri Payet membuat Valere Germain langsung berhadapan dengan kiper Atletico, Jan Oblak. Tapi, penyelesaian Germain masih melenceng.

Berselang dua menit, Marseille kembali mengancam gawang Atletico, kali ini melalui tendangan voli Adil Rami. Tapi, arah tembakan Rami juga meleset.

Kendati lebih banyak diserang, Atletico justru unggul duluan. Sebuah kesalahan fatal di lini pertahanan Marseille dimanfaatkan oleh Griezmann untuk mencetak gol di menit ke-21.

Diawali kesalahan André Zambo Anguissa saat menerima operan dari kiper Steve Mandanda, bola berhasil dikuasai oleh Gabi Fernandez. Dia lantas mengoper ke Griezmann yang berdiri bebas sebelum mencetak gol.

Kabar buruk diterima Marseille di saat mereka berjuang mengejar ketertinggalan, Payet tak kuasa menahan cedera dan harus mengakhiri laga secara dini. Winger Prancis itu meneteskan air mata saat meninggalkan lapangan pada menit ke-31 karena itu berarti kansnya tampil di Piala Dunia 2018 juga terancam. Hingga berakhirnya babak pertama, kedudukan belum berubah. Atletico masih memimpin 1-0.

Momentum positif dipertahankan Atletico di awal babak kedua dan bahkan mampu menggandakan keunggulan pada menit ke-49. Menerima umpan Koke, Griezmann berhasil menggiring bola hingga berhadapan dengan Mandanda sebelum melepas sebuah sepakan cungkil yang tidak mampu diantisipasi.

Unggul dua gol membuat para penggawa Atletico tampil lebih lepas, sebaliknya Marseille tampak terbebani dengan misi untuk mengejar. Maxime Lopez yang tampil sebagai pengganti Payet tak mengeluarkan kemampuan sepadan dan kurang memberikan kontribusi bagi lini depan raksasa Ligue 1 Prancis.

Marseille mencoba untuk menambah daya gedor dengan memasukkan Clinton Njie dan Konstantinos Mitroglou. Perubahan ini nyaris membuahkan hasil di menit ke-81 ketika Mitroglou menyambut umpan silang Morgan Sanson dengan sundulannya. Tapi, bola sundulan Mitroglou mengenai tiang gawang.

Dua menit jelang waktu normal berakhir, Atletico mampu mengunci kemenangan mereka. Melalui serangan balik, Diego Costa lolos dari kawalan dan memberikan bola kepada Koke, sang gelandang kemudian mengirim ke kanan, di sana ada Gabi yang berdiri bebas dan dengan tenang menceploskan bola ke gawang Marseille.

Akhirnya wasit pun meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan tersebut, Atletico Madrid sukses mengalahkan Marseille dan meraih gelar juara Piala Europa musim 2017/18.

Susunan Pemain

Marseille: Mandanda; Sarr, Rami, Luiz Gustavo, Amavi; Anguissa, Sanson; Thauvin, Payet (Lopez 32′), Ocampos (Njie 55′); Germain (Mitroglou 74′)

Atletico Madrid: Oblak; Vrsaljko (Juanfran 46′), Gimenez, Godin, L. Hernandez; Correa (Thomas 88′), Saul, Gabi, Koke; Diego Costa, Griezmann (Torres 90′)

This Post Has One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top