skip to Main Content
Final Liga Champions: Real Madrid 3-1 Liverpool, Supersub Bale Cetak Dua Gol Spektakuler

Final Liga Champions: Real Madrid 3-1 Liverpool, Supersub Bale Cetak Dua Gol Spektakuler

Real Madrid berhasil mengalahkan Liverpool dengan skor 3-1 pada laga final Liga Champions, di Stadion NSC Olimpiyskiy, Sabtu (26/5/2018) waktu setempat. Hasil ini mengukuhkan dominasi El Real di kasta tertinggi kompetisi antarklub Eropa dengan menjadi juara tiga kali berturut-turut.

Gareth Bale mampu tampil memukau dengan mencetak dua gol penentu untuk kemenangan Madrid. Sedangkan satu gol lainnya dicetak Karim Benzema. Sementara itu, gol Liverpool dicetak oleh Sadio Mane.

Klopp menurunkan komposisi terkuat yang dimilikinya, mengandalkan trisula maut Salah, Roberto Firmino, serta Sadio Mane di garis depan.

Sementara, sedikit kejutan di kubu Madrid adalah keputusan Zinedine Zidane meminggirkan Bale dari kesebelasan inti. Sang bos mengusung pola 4-4-2 berlian dengan Isco tampil sebagai pendukung duet Cristiano Ronaldo dan Karim Benzema.

Jalannya pertandingan babak pertama:

Liverpool tampil menyerang sejak pertandingan bergulir. Mereka pun mendapat peluang pertama lewat Mohamed Salah ketika laga baru berjalan 6 menit. Sayang, bola hasil sepakan Salah masih bisa dihalang barisan pertahanan Real Madrid.

Madrid mencoba bangkit setelah mengalami serangkaian tekanan. Pada menit 15, Cristiano Ronaldo nyaris membawa Los Blancos meraih keunggulan. Ronaldo yang mendapat ruang terbuka di sisi kanan tak ingin menyia-nyiakan kesempatan. Ia pun melepaskan tembakan keras ke arah gawang. Namun tendangannya masih melambung tipis di atas mistar gawang.

Pada menit ke-23, Liverpool mendapat peluang emas mencetak gol lewat Trent Alexander-Arnold. Berdiri tanpa pengawalan di kotak penalti Real Madrid, Trent kemudian melakukan tendangan langsung. Sayang, bola hasil sepakannya masih bisa diselamatkan Keylor Navas.

Memasuki menit 25, Liverpool mendapat bencana. Salah yang hendak melewati Sergio Ramos harus terjatuh tetapi pemain berpapsor Mesir itu mengalami tumpuan yang kurang baik. Ia pun mengerang kesakitan dan mengalami masalah yang cukup serius.

Dua menit berselang, wasit harus mendatangkan tim medis untuk memeriksa kondisi Salah. Benar saja, pemain berpaspor Mesir itu ditarik keluar dan tidak mampu melanjutkan pertandingan. Kesedihan dan tangisan pun terpancar dari wajah Salah yang akhirnya digantikan Adam Lallana.

Tujuh menit kemudian Madrid juga melakukan pergantian dini menyusul cederanya Carvajal, namun mesti diakui dampak kehilangan ini tidak sebesar yang dirasakan Liverpool.

Kehilangan dua pemain membuat tempo permainan sedikit menurun. Namun pada menit 43, Madrid berhasil menjebol gawang Liverpool, tetapi wasit menganulir gol yang dibuat oleh Karim Benzema tersebut karena offside.

Hingga jelang turun minum kedua tim masih mencoba untuk menggempur pertahanan lawan masing-masing. Namun hingga peluit panjang babak pertama dibunyikan skor imbang 0-0 tidak berubah.

Pertandingan babak kedua:

Hanya tiga menit di awal babak kedua kembali Madrid nyaris memecahkan kebuntuan. Tendangan Isco dari jarak 15 yard telah menaklukkan Karius, tetapi batal berbuah gol karena menerpa mistar gawang.

Tidak berselang lama, blunder konyol Karius akhirnya menghadiahkan keunggulan untuk Madrid. Setelah menangkap sebuah umpan yang tidak berbahaya, kiper Jerman itu malah melakukan lemparan yang terlalu lemah. Bola dicegat Benzema, dan bola bergulir dengan mulus ke arah gawang Liverpool. Skor 1-0 untuk keunggulan Madrid.

Tertinggal 0-1, tak membuat Liverpool diam. Pada menit 55, The Reds langsung membalasnya. Mane yang mencatatkan namanya di papan skor. Berawal dari tendangan sudut, sundulan Virgil Van Dijk bisa diteruskan pemain asal Senegal itu masuk ke gawang dari jarak dekat.

Zidane merespons gol penyeimbang Liverpool dengan menarik Isco untuk memberikan tempat kepada Bale, Trio BBC (Benzema Bale Cristiano) akhirnya memperkuat Madrid. Baru bermain empat menit, pemain berpaspor Wales itu berhasil membuat fans Madrid bersorak.

Umpan silang Marcelo disambut eks Tottenham Hotspur itu dengan tendangan salto spektakuler yang mengarah ke sudut kanan atas gawang dan tak dapat dijangkau Karius. Aksi brilian Bale dipastikan akan dikenang sebagai salah satu gol terindah dalam sebuah laga final Liga Champions.

Menit ke 69 Liverpool mendapatkan peluang untuk menyamakan kedudukan, pergerakan mane di akhiri dengan tendangan keras yang meluncur ke arah kanan gawang Madrid, sayangnya bola masih membentur tiang gawang dan kembali ke area permainan.

Andrew Robertson melakukan tekel penting untuk Liverpool di menit ke-74. Dia menghalau peluang emas Cristiano Ronaldo yang sudah siap melakukan tendangan di muka gawang Liverpool.

Menit 81 bale mengirimkan umpan menggunakan kaki kiri luar ke arah kotak penalti dan Benzema berhasil menyambut umpan itu dengan tendangan first time yang bagus ke arah gawang, tapi kiper liverpool masih berhasil memblok bola tersebut.

Di akhir pertandingan Ronaldo mendapatkan peluang, tetapi pertandingan harus dihentikan sejenak karena ada seorang penonton yang masuk ke dalam lapangan, tidak lama kemudian wasit pun meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan. Skor akhir 3-1 mengukuhkan Madrid sebagai raja Eropa untuk ke-13 kali sepanjang sejarah, pencapaian yang luar biasa.

Susunan Pemain:

Real Madrid (4-3-1-2): Keylor Navas; Dani Carvajal (Nacho 37′), Sergio Ramos, Raphael Varane, Marcelo; Luka Modric, Casemiro, Toni Kroos; Isco (Gareth Bale 60′); Karim Benzema, Cristiano Ronaldo.

Pelatih: Zinedine Zidane (Prancis)

Liverpool (4-3-3): Loris Karius; Trent Alexander-Arnold, Dejan Lovren, Virgil van Dijk, Andrew Robertson; James Milner, Jordan Henderson, Georginio Wijnaldum; Mohamed Salah (Adam Lallana 31′), Roberto Firmino, Sadio Mane.

Pelatih: Jurgen Klopp (Jerman)

Wasit: Milorad Mazic (Serbia)

This Post Has One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top