skip to Main Content
FIFA Umumkan Daftar Pemenang Penghargaan FIFA 2018

FIFA Umumkan Daftar Pemenang Penghargaan FIFA 2018

Federasi sepak bola dunia (FIFA) baru saja menggelar malam penghargaan bagi para pesepakbola terbaik tahun ini pada ajang The Best FIFA Football Awards 2018, di London, Senin (24/9/2018) waktu setempat.

FIFA memberikan penghargaan untuk individu hingga suporter yang dibagi ke dalam delapan kategori. Selain itu, pengumuman susunan 11 pesepak bola terbaik pria dilakukan pada malam penghargaan ini.

Gelandang Real Madrid dan timnas Kroasia, Luka Modric, dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Pria tahun 2018. Gelar ini merupakan yang pertama bagi gelandang berusia 33 tahun tersebut.

Modric memang dinilai pantas untuk meraih penghargaan tersebut berkat pencapaiannya tahun ini yaitu mengantarkan Real Madrid meraih gelar ketiga beruntun di Liga Champions musim lalu dan membawa timnas Kroasia menempati posisi kedua di Piala Dunia 2018.

Sedangkan untuk kategori wanita, Marta terpilih sebagai Pemain Terbaik dan gelar Pelatih Terbaik diberikan kepada pelatih tim wanita Olympique Lyon, Reynald Pedros. Sementara untuk kategori gol terbaik menjadi milik penyerang sayap Liverpool, Mohamed Salah.

Untuk kategori pelatih terbaik pria jatuh kepada Didier Deschamp. Ini tentunya bukan hasil yang mengejutkan karena ia merupakan pelatih yang sukses mengantarkan timnas Prancis menjadi juara Piala Dunia 2018.

Sementara itu, FIFA Fair Play Award jatuh kepada Lennart Thy. Pemain VVV Venlo itu pada Maret lalu absen melawan PSV Eindhoven dalam lanjutan Liga Belanda karena menjadi donor bagi korban leukemia.

Dalam ajang penghargan tersebut, FIFA juga merilis daftar 11 nama pemain yang masuk ke starting XI terbaik alias FIFA FIFPro World XI pada 2018. Uniknya, tak ada nama Thibaut Courtois, yang meraih penghargaan Kiper Terbaik Dunia 2018, yang terpilih kedalam skuat terbaik adalah David De Gea yang penampilannya sebenarnya bisa dibilang tidak sebaik Courtois tahun ini.

Madrid semakin mengukuhkan diri sebagai klub dengan performa terbaik tahun ini, ini bisa dilihat dari tercantumnya empat pemain Madrid ke dalam FIFA FIFPro World XI 2018, yaitu Marcelo di posisi bek kiri, Sergio Ramos dan Raphael Varane (bek tengah), serta Luka Modric (gelandang). Meski Cristiano Ronaldo masuk starting XI atas performa hebatnya musim lalu di Madrid, akan tetapi saat ini ia sudah menjadi pemain klub lain yaitu Juventus.

Untuk beberapa kategori, pemilihan dilakukan dengan melibatkan media, pelatih, dan kapten timnas dari negara anggota FIFA, bahkan publik. Khusus Puskas Award, pemilihan dilakukan melalui kanal Youtube FIFA.

Daftar Lengkap Penerima Penghargaan FIFA 2018:

Pemain Terbaik Pria: Luka Modric

Pemain Terbaik Wanita: Marta

Puskas Award: Mohamed Salah

Kiper Terbaik: Thibaut Courtois

Pelatih Pria Terbaik: Didier Deschamps

Pelatih Wanita Terbaik: Reynald Pedros

Fair Play: Lennart Thy

Fans Terbaik: Peru

FIFPro World XI 2018

David de Gea; Dani Alves, Raphael Varane, Sergio Ramos, Marcelo; Luka Modric, N’Golo Kante; Eden Hazard, Lionel Messi, Kylian Mbappe; Cristiano Ronaldo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top