skip to Main Content
Dua Kali Ketinggalan, Jepang Berhasil Tahan Senegal 2-2

Dua Kali Ketinggalan, Jepang Berhasil Tahan Senegal 2-2

Timnas Jepang berbagi satu poin dengan Senegal setelah bermain imbang 2-2 pada pertandingan kedua Grup H Piala Dunia 2018 di Stadion Sentral, Ekaterinburg, Minggu (24/6/2018) malam WIB. Jepang yang dua kali tertinggal, dua kali pula berhasil menyamakan kedudukan.

Jepang yang bermain menyerang dengan cepat di awal pertandingan justru harus tertinggal lebih dulu oleh gol Sadio Mane pada menit ke-12. Tetapi Jepang pun berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-34 lewat gol Takashi Inui.

Di babak kedua Senengal kembali unggul lewat gol Moussa Wague, yang kemudia berhasil dibalas oleh gol Keisuke Honda. Dengan hasil ini, Jepang dan Senegal masih menempati posisi satu dan dua klasemen Grup H dengan perolehan yang sama yaitu 4 poin.

Jalannya Pertandingan

Jepang tampil percaya diri di awal laga ini, mereka langsung tampil menyerang dan mengurung pertahanan Senegal, tetapi tim lawan tidak gentar dan tetap solid dalam membangun pertahanan serta serangan balik mereka. Terbukti pada menit ke-12 Senegal justru berhasil mencetak gol lebih dulu pada pertandingan ini.

Ia seakan mendapat durian runtuh ketika kiper Eiji Kawashima yang berusaha membuang bola sepakan Youssouf Sabaly, malah membuat bola mengarah ke kaki Mane dan memantul lalu masuk ke dalam gawang Jepang. Senegal berhasil unggul 1-0.

Tersentak dengan gol dari Senegal, Jepang semakin meningkatkan tempo permainannya dan tampil lebih terbuka guna mencari gol penyeimbang, tetapi pertahanan dari Senegal masih cukup solid sehingga beberapa kali serangan yang dilancarkan pemain Jepang masih kandas dan belum berbuah gol.

Akhirnya pada menit ke-34 Jepang berhasil mencetak gold an menyamakan kedudukan. Gol bermula dari Gaku Shibasaki yang mengirimkan umpan panjang ke Nagatomo yang melakukan overlap, bola pun berhasil dikuasai bek sayap Jepang itu dan ia menusuk ke ke dalam kotak penalty untuk kemudian melepaskan bola kepada Takashi Inui, yang langsung melepaskan tendangan kea rah pojok bawah gawang Khadim N’Diaye. Skor berubah menjadi 1-1.

Setelah mencetak gol, pemain Jepang tampak semakin termotivasi dan percaya diri untuk bisa mencetak gol lagi serta mencoba memenangkan pertandingan ini. Akan tetapi serangan demi serangan yang dilancarkan di sisa waktu babak pertama masih belum mebuahkan hasil dan babak pertama harus berakhir dengan skor imbang 1-1.

Di awal babak kedua, Senegal yang pada akhir babak pertama tertekan, tampil lebih tenang dan lebih menekan. Pergerakan dan operan para permain Senegal terlihat cukup membahayakan bagi Jepang. Senegal hampir bisa mencetak gol ketika Ismaila Sarr mengirimkan umpan ke dalam kotak penalty Jepang, beruntung Maya Yoshida masih sigap dan berhasil menghalau bola hingga pertahanan Jepang masih terselamatkan.

Pertandingan memasuki 60 menit dan Jepang mulai berhasil keluar dari tekanan Senegal, penguasaan bola mulai berimbang dan kedua tim silih berganti melakukan serangan dengan skema mereka masing-masing. Pada menit ke-64 Jepang nyaris unggul ketika Inui melepaskan tendangan keras kea rah tiang jauh, tetapi saying tendangannya masih membentur mistar gawang Senegal dan belum menghasilkan gol.

Di menit ke-71 justru Senegal yang berhasil mencetak gold an kembali unggul. Gol bermula dari umpan yang dilepaskan Sabaly dari sisi kiri, bola sempat mengenai Niang dan berubah arah. Beruntung bola mengarah ke area dekat Wague, yang langsung menendangnya kea rah gawang dan merubah skor menjadi 2-1 untuk keunggulan Senegal.

Jepang tidak putus asa setelah kejebolan, mereka kembali tampil menyerang dengan memanfaatkan sisi lapangan. Determinasi yang tinggi dari para pemain Jepang itu pun berbuah manis, hanya berselang tujuh menit dari gol Senegal, mereka berhasil mencetak gol balasan dan membuat skor menjadi imbang 1-1. Gol bermula dari Inui yang melepaskan umpan cantik dan berhasil mengirimkan bola kepada Honda, mantan pemain AC Milan itu pun dengan tenang berhasil menceploskan bola ke dalam gawang Senegal.

Di sisa babak kedua Jepang lebih mendominasi penguasaan bola, mereka terlihat begitu bersemangat menggempur pertahanan Senegal dengan skema serangan dari sisi lapangan, memanfaatkan pergerakan pemain mereka yang begitu lincah meski pertandingan sudah berjalan hampir 90 menit.

Sampai wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, tidak ada lagi gol yang tercipta. Kedua tim pun harus puas dengan satu poin yang didapatkan masing-masing tim. Jepang terlihat lebih puas dengan hasil ini, sementara pemain Senegal sedikit terlihat kecewa lantaran mereka sudah sempat dua kali unggul tapi masih belum bisa mendapatkan kemenangan akibat Jepang yang memiliki mental yang kuat dan selalu berhasil membalas gol mereka.

Pada laga terakhir di Grup H ini, Jepang akan menghadapi Polandia, sementara Senegal akan berhadapan dengan Colombia. Kedua laga ini akan dilangsungkan bersamaan pada tanggal 28 Juni di jam yang sama, untuk menghindari terjadinya pengaturan skor.

Susunan pemain

Senegal XI (4-1-4-1): Khadim N’Diaye; Moussa Wague, Kalidou Koulibaly, Salif Sane, Youssouf Sabaly; Idrissa Gueye; Ismaila Sarr, Alfred N’Diaye (C. Kouyaté 65’), Badou Ndiaye (C. N’Doye 81’), Sadio Mane; M’Baye Niang (M. Diouf 86’).

Jepang XI (4-2-3-1): Eiji Kawashima; Hiroki Sakai, Maya Yoshida, Gen Shoji, Yuto Nagatomo; Gaku Shibasaki, Makoto Hasebe; Genki Haraguchi (S. Okazaki 75’), Shinji Kagawa (K. Honda 72’), Takashi Inui (T. Usami 87’); Yuya Osako.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top