skip to Main Content
Burnley Datangkan Mantan Kiper Timnas Inggris Joe Hart

Burnley Datangkan Mantan Kiper Timnas Inggris Joe Hart

Joe Hart, mantan kiper utama timnas Inggris yang kalah bersaing dengan Jordan Pickford hingga tak terpilih masuk skuat Inggris di Piala Dunia 2018, akhirnya resmi meninggalkan Manchester City dan berlabuh di Burnley.

Hart meneken kontrak dua tahun dengan Burnley. Menurut laporan BBC dan Guardian, kiper berusia 31 tahun itu didatangkan dengan nilai transfer sebesar 3,5 juta pound (Rp65,4 miliar). Burnley juga memiliki opsi untuk memperpanjang kontrak tersebut nantinya selama satu tahun.

Dengan transfer ini, Hart mengakhiri kebersamaannya dengan City selama 12 tahun. Ia gabung City pada 2006 kendati juga menjalani beberapa masa peminjaman.

“Ini adalah pengalaman luar biasa, saya banyak berkembang. Saya datang ke sini di usia 19 tahun dan pergi di usia 31 tahun, jadi ini waktu yang lama dan banyak hal telah terjadi. Keluarga, teman-teman, dan sepakbola!” ujar Hart kepada CityTV. Hart tercatat tampil 348 kali bersama City di semua kompetisi. Ia memenangi masing-masing dua gelar Premier League dan Piala Liga Inggris serta satu gelar Piala FA.

“Kontribusi Joe Hart untuk Manchester City tidak bisa dibesar-besarkan. Selama 12 tahun di klub, dia menghasilkan beberapa performa luar biasa dan penyelamatan sulit yang akan awet ada dalam memori,” ucap Chairman City Khaldoon Al Mubarak.

“Secara pribadi saya ingin berterima kasih kepadanya atas segala yang sudah ia berikan selama bertahun-tahun dan dia pergi dengan doa terbaik dari saya dan Sheikh Mansour untuk kariernya. Dia akan selalu disambut di klub.”

Hart telah bermain untuk City selama 12 tahun, yang tadinya merupakan kiper utama yang tidak tergantikan, hingga saat  kedatangan Guardiola ke City yang merubah segalanya. Hart tersisihkan dan dipinjamkan selama dua musim ke Torino dan West Ham.

Pelatih Burnley Sean Dyche sebenarnya tidak terlalu memikirkan untuk mencari penjaga gawang pada akhir musim lalu, akan tetapi cedera yang dialami Nick Pope dan Tom Heaton membuatnya harus memutar otak dan mencari alternative lain untuk mengisi posisi penjaga gawang di klubnya.

Pilihan pun jatuh kepada Joe Hart yang dinilai masih cukup baik performanya, terlebih ia memiliki pengalaman yang tinggi di ajang liga Inggris. Kepindahan ini tentunya juga membawa harapan baru bahi Hart untuk bisa sekali lagi bermain di level sepakbola tinggi dan menunjukkan pada dunia bahwa ia masih merupakan penjaga gawang yang bagus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top