skip to Main Content
Brasil Ditahan Imbang 1-1 Oleh Swiss Yang Pantang Menyerah

Brasil Ditahan Imbang 1-1 Oleh Swiss Yang Pantang Menyerah

Brasil melengkapi daftar tim unggulan yang tidak berhasil mencetak hasil bagus pada pertandingan pertama di Piala Dunia 2018. Brasil harus rela berbagi 1 poin dengan Swiss pada laga babak penyisihan Grup E Piala Dunia 2018 yang digelar di Rostov Arena, Minggu (17/6/2018) atau Senin dini hari WIB.

Gol pertama pada pertandingan ini di cetak oleh Coutinho untuk Brazil pada menit ke-20. Gol penyeimbang untuk Swiss dicetak oleh Steven Zuber pada menit ke-50.

Jalannya Pertandingan

Pada menit awal pertandingan, Brasil tampil lebih dominan dan lebih banyakmenguasai bola, pergerakan pemain begitu luwes dan operan-operan yang dilakukan cukup akurat, Neymar dkk pun lebih banyak bermain di daerah pertahanan Swiss.

Pada menit ke-11 Brasil mendapatkan peluang, Paulinho mendapatkan bola di depan gawang swiss dan melepaskan tendangan, sayangnya tembakannya masih melebar dari gawang yang dijagaĀ Yann Sommer.

Brasil terus menekan pertahan Swiss dari berbagai sisi, dan akhirnya pada menit ke 19 Coutinho berhasil mencetak gol untuk Brasil. Pemain klub Barcelona itu melepaskan tendangan keras melengkung dari luar kotak penalti yang meluncur deras ke pojok kiri dari gawang Swiss. Brasil memimpin 1-0.

Pada menit ke-30 Lichsteiner mendapatkan kartu kuning karena dianggap mengganjal Neymar dari belakang, sangat disayangkan karena laga masih akan berlangsung cukup lama dan artinyaĀ Lichsteiner harus lebih berhati-hati agar tidak diusir keluar lapangan.

Brazil lebih menguasi permainan dan dapat mendikte tempo permainan dengan operan-operan yang akurat dikombinasikan dengan tusukan baik dari sisi kiri lewat neymar, atau dari sisi kanan lewat Willian. Sampai babak pertama berakhir tidak ada gol lagi yang tercipta dan kedudukan tetap 1-1 untuk keunggulan Brasil.

Pada awal babak kedua, Swiss mencoba untuk tampil lebih menyerang, dan hal tersebut berbuah manis. Pada menit ke-50 swiss secara mengejutkan berhasil menyamakan kedudukanlewat sundulan kepala Steven Zuber yang memanfaatkan tendangan sudut dari Xherdan Shaqiri. Usaha keras Swiss pun terbayar dan kedudukan sekarang imbang 1-1.

Setelah berhasil mencetak gol, seakan mendapatkan motivasi baru, swissbermain dengan lepas dan lebih tenang. Arah pertandingan pun sedikit berubah, Swiss mampu mengimbangi permainan Brasil dan cukup sering melakukan serangan sampai ke sepertiga daerah pertahanan Brasil.

Pada menit ke-72 Swiss mendapatkan peluang, Xhakiri menggiring bola melalui sayap kanan lalu memberikan umpan ke tengah yang berhasil dikontrol oleh Dzemaili, ia pun melepaskan tendangan dari luar kotak penalti tapi sayang tendangannya masih lemah dan dengan mudah ditangkap Alisson.

Menit ke-77 Neymar mendapatkan bola agak jauh dari luar kotak penalti, ia pun melepaskan tendangan jarak jauh yang spekulatif, tetapi arah bola masih mudah dibaca oleh kiper Swiss yang menangkap bola tersebut dengan mudah.

Pada menit ke 78 Brasil melakukan pergantian, gabriel jesus digantikan Roberto Firminho dengan tujuan menambah daya gedor di depan. Tapi ternyata Firminho pun belum bisa memberikan banyak kontribusi untuk tim Brasil di pertandingan ini.

Jelang akhir pertandingan, Brasil terus meningkatkan intensitas serangannya dan mendapatkan beberapa peluang. Pada menit ke-88 Neymar berhasil menyundul bola ke arah gawang Swiss, tapi sundulannya mengarah tepat ke kiper Swiss Sommer.

Pada menit ke-90 ganti Firminho mendapatkan peluang untuk mencetak gol, Namun kembali sundulan yang dilepaskan Firminho masih berhasil diamankan SOmmer. Hingga wasit meniupkan peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, tidak ada lagi gol yang tercipta dan Swiss berhasil mencuri satu poin berharga melawan salah satu tim unggulan Brasil.

Dengan hasil ini, Brasil dan Swiss berada di posisi kedua dan ketiga di Grup E, dibawah Serbia di posisi puncak setelah pada pertandingan sebelumnya berhasil mengalahkan Kosta Rika 1-0. Selanjutnya Brasil akan menghadapi Kosta Rika di Krestovsky Stadium, Saint-Petersburg, Jumat (22/6), sementara Swiss menghadapi Serbia di Kaliningrad Stadium.

Susunan Pemain
Brasil: Alisson Becker, Danilo, Thiago Silva, Miranda, Marcelo, Paulinho (Renato Augusto 67′), Casemiro (Fernandinho 60′), Philippe Coutinho, Willian, Neymar, Gabriel Jesus (Roberto Firmino 79′)

Swiss: Yann Sommer, Ricardo Rodriguez, Manuel Akanji, Fabian Schaer, Stephan Lichtsteiner (Michael Lang 87′) Granit Xhaka, Valon Behrami (Denis Zakaria 71′), Steven Zuber, Blrerim Demaili, Xhredan Shaqiri, Haris Seferovic (Embolo 80′)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top