skip to Main Content
Brasil 2-0 Kroasia, Neymar Cetak Gol Indah

Brasil 2-0 Kroasia, Neymar Cetak Gol Indah

Brasil berhasil meraih kemenangan atas Kroasia dengan skor 2-0 pada laga uji coba yang dilangsungkan di Anfield, Minggu (3/6).

Neymar berhasil menciptakan gol indah pada laga comeback selepas mengalami cedera, ia masuk sebagai pengganti di babak kedua untuk Brasil setelah absen selama kurang lebih tiga bulan karena cedera kaki. Neymar membuka skor di menit ke-69 sebelum Roberto Firmino menggandakan skor Brasil di pengujung pertandingan.

Sebelum kick-off pertandingan, pelatih Tite memang berjanji memainkan sang penyerang demi membantunya menemukan ritme permainan jelang Piala Dunia pertengahan bulan ini.

Pada menit-menit awal pertandingan berjalan cukup berimbang dan kedua tim sama sama memainkan permainan passing dan pressing yang bagus. Sundulan Dejan Lovren di menit ke-12 menyambut sepak pojok masih melenceng tipis ke samping gawang. Tiga menit berselang giliran Andrej Kramaric mendapatkan peluang, tendangannya tepat mengarah ke Alisson Becker.

Setengah jam pertandingan berjalan, giliran mantan idola Liverpool Philippe Coutinho yang mendapatkan peluang, tapi sayangnya bola tendangannya masih melambung di atas mistar gawang Brasil. Usaha kedua yang didapat Coutinho juga masih belum berbuah gol karena tendangannya masih melebar dari sisi gawang.

Usaha Brasil membangun serangan dan menciptakan peluang tak juga menunjukkan hasil. Sampai babak pertama berakhir, tak ada gol yang tercipta.

Kesulitan menciptakan ancaman, Tite kemudian memasukkan Neymar di babak kedua, sekaligus menjadi penampilan pertama sejak eks pilar Barcelona tersebut mengalami cedera metatarsal pada pertandingan melawan Marseille dalam lanjutan Ligue 1, 25 Februari silam.

Neymar mendapatkan peluang pertama di menit ke-57, tapi bola masih mengarah ke Danijel Subasic dan ia berhasil mengamankan gawang Kroasia.

Di menit ke-69, Brasil memetik keunggulan. Serangan dibangun dari kanan, di mana Willian memotong ke tengah dan mengoper ke Philippe Coutinho di sepertiga akhir. Coutinho meneruskan bola ke Neymar di sisi kiri. Neymar lantas merangsek ke tengah kotak penalti, melewati dua pemain, dan menuntaskan aksinya dengan sepakan keras ke dalam gawang Kroasia.

Tertinggal satu gol, Kroasia berusaha meningkatkan tempo serangan mereka. Tapi masih belum berhasil mendapatkan peluang yang membahayakan gawang lawannya. Brasil memanfaatkan situasi dimana Kroasi asik menyerang dengan tusukan-tusukan dari sayap. Upaya Firmino dari kanan di menit ke-88 masih melambung dan belum berhasil menambah keunggulan Brasil.

Di masa injury time, Brasil berhasil mencetak gol kedua sekaligus memastikan kemenangan, kali ini Firmino berhasil memanfaatkan peluang yang ada menjadi gol. Umpan terukur Casemiro diterimanya di dalam kotak penalti, Firmino lantas menaklukkan Subasic dengan tendangan lob yang bersarang di gawang Kroasia.

Skor 2-0 tak berubah lagi sampai laga usai. Brasil kini punya satu laga uji coba tersisa melawan Austria, Neymar juga diharapkan mendapat menit bermain lebih banyak sebelum nantinya Brasil mengawali kiprah mereka di Piala Dunia dengan melawan Swiss pada 17 Juni.

Susunan pemain:

Brasil: Alisson; Danilo, Thiago Silva, Miranda (Marquinhos 65′), Marcelo (Filipe 60′); Paulinho, Casemiro, Fernandinho (Neymar 46′); Willian (Fred 82′), Gabriel Jesus (Firmino 60′), Philippe Coutinho (Taison 82′)

Kroasia: Danijel Subasic; Sime Vrsaljko (Jedvaj 87′), Dejan Lovren, Vedran Corluka (Caleta-Car 52′), Domagoj Vida; Milan Badelj (Brozovic 61′), Ivan Rakitic (Bradaric 83′); Ante Rebic (Pjaca 64′), Luka Modric (Kovacic 58′), Ivan Perisic; Andrej Kramaric

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top