skip to Main Content
5 Liga Terbaik Di Eropa Saat Ini Versi AGbola

5 Liga Terbaik Di Eropa Saat Ini Versi AGbola

AGbola.net – Eropa merupakan Benua terkecil kedua setelah Australia dengan bentang luas sekitar 10.180.000 Km per segi. Akan tetapi apabila kita bicara mengenai sepakbola, Eropa merupakan benua dengan Liga-Liga terbaik yang ada saat ini jika dibandingan dengan benua atau area lainnya.

Hal ini bisa kita lihat dari begitu gegap gempitanya berbagai macam kompetisi yang ada di Eropa, baik dari skala lokal (satu negara) maupun kompetisi antar klub yang ada di Eropa, sebut saja Liga Champions atau Liga Europa. Tentunya kompetisi-kompetisi tersebut masih menjadi yang terbaik, terbesar dan termeriah dengan begitu banyak penikmatnya di seluruh dunia.

Redaksi AGbola.net akan menyajikan pembahasan mengenai 5 Liga terbaik di eropa saat ini, tentunya hal ini kami analisa berdasarkan beberapa hal seperti: Banyaknya gelar yang didapat klub-klub suatu negara pada kompetisi antarklub di Eropa, Koefisien EUFA, animo penonton baik yang menonton langsung di stadion maupun lewat layar kaca.

 

  1. Liga Perancis

 

Liga Perancis merupakan salah satu liga yang menarik dan cukup diperhatikan di kawasan Eropa. Hal ini dapat dihubungkan dengan salah satu klub terbaik di Liga tersebut yang mendapatkan suntikan dana dari Qatar lewat Qatar Sports Investments, yaitu Paris Saint-Germain yang biasa disingkat PSG.

Secara domestik, PSG merupakan tim tersukses di Liga Perancis dengan torehan 7 gelar juara Liga, 12 gelar juara Coupe de France, 8 gelar juara Coupe de la Ligue serta banyak gelar lainnya yang mengukuhkan posisinya sebagai yang terbaik di LIga Perancis saat ini.

Dengan kekuatan finansialnya, PSG pun mendominasi Liga Perancis dengan raihan 5 gelar juara Liga dalam 6 musim terakhir, hanya kecolongan satu gelar oleh AS Monaco pada musim 2016-2017. PSG saat ini juga bisa dikatakan tim andalan dari Liga Perancis dalam ajang kompetisi terbesar di Eropa yaitu Liga Champions. Performa PSG cukup baik dengan beberapa kali mencapai babak yang cukup jauh.

 

  1. Liga Jerman

 

Liga Jerman merupakan Liga selanjutnya yang bisa dikatakan sangat seru dan menarik. Walau secara persaingan juara, LIga ini tentunya bisa dikatakan didominasi oleh satu klub besar yang juga meraih berbagai pencapaian di level Eropa, tim tersebut tidak lain adalah Bayern Munchen.

Munchen mengukuhkan diri menjadi tim terbaik di Liga Jerman dengan raihan 28 gelar juara Liga, terlebih dalam satu decade terakhir Munchen berhasil menjuarai Liga Jerman sebanyak 7 kali. Tentunya pencapaian yang belum bisa disaingi oleh tim kuat lain seperti Borrusia Dortmund yang berhasil menjadi juara pada musim 2010-2011 dan 2011-2012 di bawah asuhan Jurgen Klopp.

Performa Munchen dan Dortmund juga bisa dikatakan cukup untuk mengangkat nama Liga Jerman di kompetisi Eropa, terlebih saat Munchen berhasil menjadi juara Liga Champions di musim 2012-2013. Hal lain yang menjadi keunggulan Liga Jerman adalah rata-rata jumlah penjualan tiket stadion yang tertinggi jika dibandingkan dengan Liga lainnya. Hal ini didukung dengan cukup terjangkaunya harga tiket untuk menonton pertandingan sepakbola di stadion2 seantero Jerman.

 

  1. Liga Italia

 

Bicara mengenai Liga Italia tentunya tidak bisa terlepas dari masa lalu (era 90an hingga 2000an) dimana Liga Italia bisa dikatakan salah satu Liga terbesar di Eropa dengan berbagai pemain bintang bertebaran di beberapa klub di Liga tersebut. Walau dari segi gaya permainan di masa lalu, Liga Italia kerap dikaitkan dengan sepakbola bertahan sesuai dengan filosofi gaya bermain timnasnya yaitu catenaccio, Liga ini tetap menarik perhatian di masanya.

Pada musim 2009-2010 Inter Milan berhasil mengharumkan nama Liga Italia dengan meraih Treble yang tentunya berarti menjuarai Liga Champions di musim itu. Akan tetapi beberapa musim sesudahnya, Liga Italia mengalami penurunan baik dari segi pencapaian maupun finansial. Stadion-stadion di seantero Italia pun terlihat sepi yang tentunya juga berimbas pada penghasilan klub yang jadi kesulitan untuk mendatangkan pemain berkualitas tinggi ke Liga Italia.

Seiring dengan berjalannya waktu, Juventus kembali menunjukkan kelasnya sebagai klub terbaik di Liga Italia. Juve bahkan berhasil mendominasi kompetisi Serie A dengan menjadi juara tujuh kali berturut-turut. Di ajang Liga Champions pun Juve menjadi salah satu wakil terkuat liga Italia dengan pencapaiannya yang cukup baik seperti menjadi finalis pada musim 2016-2017 saat dikalahkan Real Madrid di partai final.

 

  1. Liga Inggris

 

Apabila kita melihat kembali ke masa satu dekade yang lalu yaitu tahun 2000an, tentu tanpa keraguan bisa dikatakan bahwa Liga Inggris merupakan yang terbaik saat itu. Tim-tim yang merupakan Big Four yang menunjukkan performa yang bagus mulai dari babak penyisihan hingga babak akhir pada kompetisi Eropa sekelas Champions League.

Akan tetapi sejak keberhasilan Chelsea meraih gelar juara Liga Champions pada musim 2011-2012, tim-tim asal Liga ini mengalami penurunan performa di kompetisi Eropa. Tercatat sejak musim tersebut, baru Liverpool yang berhasil mencapai partai final Liga Champion pada musim lalu saat dikalahkan oleh Real Madrid.

Hal tersebut mungkin imbas dari terlalu banyaknya pertandingan yang harus dijalani tim-tim penghuni papan atas yang tentunya juga sebagian besar mewakili Liga di kancah Eropa. Keberhasilan Leicester menjuarai Liga Inggris pada musim 2015-2016 tentunya menghadirkan tanda Tanya besar, bagaimana bisa tim-tim besar dengan banyak pemain bintang dan dana yang besar bisa dikalahkan oleh tim sekelas Leicester yang saat itu samasekali tidak diperhitungkan.

 

  1. Liga Spanyol

 

Liga Spanyol bisa dikatakan Liga terbaik di Eropa bahkan mungkin di Dunia saat ini. Begitu banyak factor yang mengukuhkan hal ini. Dari segi pencapaian di kompetisi level Eropa, tim-tim asal Spanyol memberikan penampilan yang sangat baik dan cukup mendominasi selama beberapa tahun terakhir.

Sebut saja pencapaian duo tim besar Spanyol yaitu Barcelona dan Real Madrid, secara akumulatif keduanya membuat Liga Spanyol menjadi penguasa di Eropa selama lima musim terakhir. Bahkan Real Madrid telah menorehkan pencapaian tersendiri dengan menjadi juara Liga Champions selama 3 musim berturut-turut. Hal ini tentu bisa menjadi gambaran seberapa kuat tim Spanyol di ajang kompetisi Eropa saat ini.

Sebelum pindahnya Cristiano Ronaldo ke Juventus, Liga Spanyol juga menyuguhkan persaingan antara dua pemain terbaik yang ada saat ini yaitu antara Ronaldo dan Messi. Bukan hanya dari pencapaian untuk klub, dari segi pencapaian pribadi pun mereka selalu menjadi rival abadi. Tentunya ini juga menjadi daya tarik tersendiri pada masanya, dimana keduanya mulai memasuki umur yang semakin tua menurut standar pesepakbola dan belum tentu kita bisa menyaksikan pemain sehebat duo ini.

Menilik dari gaya permainan, Liga Spanyol bisa digambarkan sebagai Liga yang menyuguhkan pemainan atraktif dan penuh kreatiftas. Pergerakan para pemain yang penuh skill, passing-passing yang akurat, serta permainan menyerang yang tentunya salah satu yang terbaik di Eropa bahkan dunia saat ini.

Demikianlah sekelumit yang bisa kami paparkan mengenai Liga-Liga terbaik yang ada di daratan Eropa saat ini versi AGbola.net. Bagaimana sobat, Liga apakah yang menjadi favorit sobat? Dapatkan berita terkini dan terlengkap seputar olahraga, khususnya sepakbola hanya di AGbola.net

Leave a Reply

Back To Top