skip to Main Content
Hasil Liga Italia: Juventus Kokoh Di Puncak Klasemen Usai Kalahkan Roma

Hasil Liga Italia: Juventus Kokoh Di Puncak Klasemen Usai Kalahkan Roma

Juventus berhasil meraih tiga poin saat mengalahkan AS Roma 1-0 pada pekan ke-17 Serie A, di Allianz Stadium, Turin, Minggu (23/12/2018) dini hari WIB. Gol semata wayang dari Mario Mandzukic pada menit 35, membuat posisi Juventus  semakin kokoh di puncak klasemen sementara Liga Italia musim ini.

Massimiliano Allegri harus melakukan rotasi dalam laga ini, seiring Juan Cuadrado, Joao Cancelo, dan Andrea Barzagli cedera. Adapun Rodrigo Bentancur kembali dari hukuman.

Sementara itu, Eusebio Di Francesco masih berada dalam tekanan walau sempat menang 3-2 atas Genoa, seiring Daniele De Rossi, Stephan El Shaarawy, Lorenzo Pellegrini, dan Ante Coric masih absen. Edin Dzeko pun hanya bisa memulai dari bangku cadangan.

Juventus memulai laga dengan agresif dan langsung menampilkan skema menyerang. Baru saja pertandingan dimulai dan Juve sudah mendapatkan peluang mencetak gol. Lewat eksekusi sepak pojok, Mandzukic berhasil mengarahkan bola ke gawang, akan tetapi Kostan Manolas masih dapat menghalau bola dan mengamankan gawang Roma.

Pada menit kedelapan, Juventus kembali menebar ancaman lewat Alex Sandro. Ia melepaskan shot ke gawang Roma, namun bolanya bisa ditepis Robin Olsen. Di menit ke-19, Cristiano Ronaldo ikutan mengancam gawang Roma. Dari sepak pojok, penyerang Portugal itu menyundul bola, namun arahnya masih menyamping dari gawang lawan.

Roma pun mencoba keluar dari tekanan dan meningkatkan intensitas serangannya, mereka mendapatkan peluang emas dari Patrik Schick. Namun ketika berada dalam posisi bagus, sepakan sang striker malah mengarah tepat ke pelukan Wojciec Szczesny.

Kebuntuan akhirnya terpecahkan di menit ke-35. Davide Santon terlambat bereaksi terhadap umpan silang Mattia De Sciglio dari kanan. Mandzukic pun dengan bebas menanduk bola ke tiang jauh. Skor 1-0 untuk keunggulan Juventus bertahan hingga turun minum.

Usai turun minum, Diego Perotti dan rekan-rekan mencoba bermain lebih berani. Mereka terus mencari cara untuk bisa segera menyamakan skor di awal babak kedua. Pertandingan relatif seimbang di babak kedua ini. Jual beli serangan terus terjadi.

Juventus menebar ancaman di menit ke-54. Alex Sandro melepaskan crossing ke tengah dan bisa disundul Ronaldo, namun bolanya melayang ke atas. Tiga menit berselang, giliran Roma mengancam. Federico Fazio bisa menyundul bola, namun upayanya lemah sehingga bola mudah ditangkap Szczesny.

Di menit ke-59, Ronaldo lagi-lagi mengancam gawang Roma. Dybala melepaskan crossing ke tengah dan bisa disundul Ronaldo, namun Olsen membuat penyelamatan gemilang. Semenit berselang, peluang Ronaldo kembali digagalkan Olsen.

Roma baru mengalami kenaikan performa di seperempat akhir laga. Mereka mulai menguasai bola, tetapi serangannya masih terlalu statis untuk menghadapi bek-bek kokoh Juventus. Masuknya Dzeko pun tak mengubah banyak hal.

Jelang bubaran, Juventus nyaris menggandakan keunggulan setelah Ronaldo melambungkan umpan untuk Douglas Costa yang menanduk bola ke gawang Olsen. Adapun VAR menganulirnya karena Blaise Matuidi lebih dulu melanggar Zaniolo. Pertandingan pun berakhir dengan kemenangan untuk Juventus.

Tiga poin yang didapat pada pertandingan ini membuat Juventus masih perkasa di puncak klasemen Liga Italia dengan 49 poin dari 17 laga, unggul delapan angka dari Napoli di posisi dua. Adapun Roma tertahan di posisi 10 dengan 24 poin.

Susunan pemain

Juventus (4-3-3): 1-Wojciech Szczesny; 2-Mattia De Sciglio, 19-Leonardo Bonucci, 3-Giorgio Chiellini, 12-Alex Sandro; 30-Rodrigo Bentancur, 5-Miralem Pjanic (23-Emre Can 71′), 14-Blaise Matuidi; 10-Paulo Dybala (11-Douglas Costa 80′), 17-Mario Mandzukic, 7-Cristiano Ronaldo

Pelatih: Massimiliano Allegri

AS Roma (5-3-2): 1-Robin Olsen; 18-Davide Santon, 44-Kostas Manolas, 20-Federico Fazio, 11-Aleksandar Kolarov, 24-Alessandro Florenzi (34-Justin Kluivert 45′); 4-Bryan Cristante, 42-Steven N’Zonzi (9-Edin Dzeko 79), 22-Nicolo Zaniolo; 17-Cengiz Ünder (8-Diego Perotti 71′), 14-Patrik Schick

Pelatih: Eusebio Di Francesco

Wasit: Davide Massa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top